Apa Itu Startup ? Belajar, Yuk!

belajar bisnis startup

 

Belakangan ini bisnis startup menjadi bahan pembicaraan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Kepamoran salah satu unicorn startup Indonesia yang berhasil menjadi salah satu perusahaan rintisan Indonesia yang menyandang gelar decacorn internasional, Gojek, telah menjadi sebuah inspirasi besar bagi para pelaku bisnis Indonesia?Mau belajar bisnis  startup, Yuk. Simak ulasan berikut?

Keberhasilan Gojek yang diawali dengan ide bisnis yang sederhana ini membuat para pelaku bisnis semakin gencar berlomba-lomba untuk mendirikan bisnis startup mereka sendiri. Hal ini memang merupakan perkembangan yang baik bagi dunia bisnis Indonesia. Tetapi di sisi lain, tidak sedikit juga dari mereka yang terburu-buru mulai tanpa memahami betul apa itu startup dan apa saja karakteristiknya.

Jadi, apa itu startup? Yuk, belajar lebih lanjut!

Apa itu startup?

Banyak sekali pelaku bisnis Indonesia yang melakukan klaim bahwa bisnis mereka merupakan sebuah bisnis startup yang menjanjikan.

Tetapi apa arti dari bisnis startup itu sendiri, tidak banyak yang benar-benar memahaminya.

Sebenarnya apa itu startup?

Sebenarnya mudah saja. Pengertian bisnis startup secara umum pada dasarnya mengacu pada perusahaan rintisan yang baru beroperasi dalam waktu singkat. Perusahaan yang tergolong pada kategori bisnis startup pada umumnya masih dalam tahap pengembangan dan penelitian agar nantinya mereka dapat menemukan target pasar yang lebih tepat dan spesifik.

Belajar bisnis startup sebenarnya dapat mengacu pada jenis bisnis apapun mulai dari bisnis rumahan, bisnis franchise, bisnis kuliner, hingga bisnis modal kecil yang dijalankan secara perseorangan. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, pengertian bisnis startup kini bergeser menjadi perusahaan rintisan digital yang memiliki hubungan erat dengan dunia teknologi.

Karakteristik Bisnis startup

Memiliki nama bisnis startup di zaman ini sudah menjadi nilai jual tersendiri bagi pelaku bisnis. Di dunia bisnis Indonesia, di mana bisnis startup seperti Gojek dan Tokopedia sudah berhasil memiliki nilai perusahaan hingga puluhan triliun rupiah, istilah ini kemudian dimanfaatkan sebagai trik penjualan untuk menaikkan brand awareness untuk menarik calon peminat.

Tetapi tahukah Anda? Anda tidak bisa sembarangan menjuluki bisnis startup pada semua bisnis yang baru mulai, lho! Ada beberapa karakteristik penting yang harus diperhatikan yang membuat sebuah bisnis bisa disebut sebagai bisnis startup. Berikut karakteristik utama dari bisnis startup Indonesia.

 

  • Usia Perusahaan

perusahaan bisnis startup

Bisnis startup memiliki usia perusahaan yang cukup muda di dunia bisnis Indonesia. Jika diibaratkan manusia, bisnis startup merupakan anak-anak dengan usia di bawah tiga tahun yang masih belajar memahami apa yang terjadi di sekelilingnya.

 

  • Jumlah Pegawai

pegawai startup

Pada perusahaan rintisan, atau bisnis startup, jumlah pegawai yang terlibat di dalamnya memiliki rentang antara 20 hingga 30 orang, sesuai dengan jenis perusahaan masing-masing.

Biasanya, walaupun jumlahnya sedikit, para pegawai yang dipilih oleh bisnis startup ini cukup multitalended. Ini berarti mereka memiliki kemampuan dalam berbagai bidang yang membuat mereka sanggup menjalankan berbagai macam tugas yang dibebankan dalam bisnis startup tersebut.

 

  • Nominal Pendapatan

nominal pendapatan

Dari segi pendapatan, karena tergolong cukup muda, bisnis startup masih belum memiliki nominal pendapatan yang cukup signifikan. Pada umumnya, para perusahaan startup ini memiliki jumlah pendapatan kurang lebih sebesar 100 ribu USD atau setara dengan 1,5 miliar rupiah per tahun.

 

  • Tahap Pengembangan

pengembangan

Pada bisnis startup yang sudah diluncurkan, walaupun mereka sudah berjalan kurang lebih 3 tahun, perusahaan startup ini pada umumnya masih berada dalam tahap pengembangan untuk mencari target pasar yang lebih spesifik dan sesuai.

Hal ini berarti perusahaan startup akan masih banyak melakukan eksperimen pada program-program mereka, melakukan trial and error pada sistem perusahaan, serta memperbaiki berbagau macam bug yang sudah pasti muncul di aplikasi yang mereka gunakan.

 

  • Umumnya Bergerak di Bidang Teknologi

teknologi

Ya, pada mulanya perusahaan startup dapat menyangkup beragam jenis bisnis, selama mereka masih dalam tahap rintisan.

Tetapi saat ini yang disebut belajar bisnis startup atau perusahaan startup adalah berbagi perusahaan dengan ide bisnis yang berhubungan erat dengan dunia teknologi digital. Termasuk di dalamnya teknologi website dan aplikasi ponsel dengan berbagai macam bidang dan kategori, baik yang terintegrasi dengan bisnis konvensional maupun yang murni berbasis aplikasi saja.

 

  • Memiliki Produk Berupa Aplikasi Digital

aplikasi mobile startup

Karena itulah, dunia bisnis Indonesia mengakui sebuah perusahaan sebagai bisnis startup yang memadai, ketika perusahaan startup ini memiliki produk nyata berupa sebuah aplikasi digital.

Tidak masalah ketika pada awalnya bisnis Anda berdiri sebagai bisnis konvensional, selama kemudian bisnis Anda memiliki produk aplikasi digital yang berfungsi dengan baik, maka bisnis Anda sudah termasuk dalam deretan perusahaan startup Indonesia.

 

  • Beroperasi Secara Online

bisnis online startup

Nah, yang terakhir, tidak ada gunanya memiliki produk aplikasi apabila produk ini tidak digunakan secara aktif. Oleh karena itu, untuk menjadi sebuah perusahaan startup yang layak, sudah sewajarnya bila bisnis Anda diharapkan untuk beroperasi dengan aktif dan interaktif secara online melalui produk aplikasi yang Anda miliki.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai apa itu startup?

Peluang bisnis startup di Indonesia memang sedang terbuka sangat lebar. Hal inilah yang membuat banyak pelaku bisnis berbondong-bondong mendirikan perusahaan startup dengan beragam ide bisnis baik di tingkat lokal maupun nasional.

Dan sejauh ini dailysocial.net mencatat bahwa sudah ada lebih dari 1500 bisnis startup lokal yang ada di Indonesia. Tentunya, angka ini akan terus bertambah setiap harinya.

Nah, apakah Anda tertarik bergabung menjadi salah satu dari 1500 calon pebisnis sukses tersebut?

Tentu saja Anda bisa!

Mulailah dari hal kecil dengan memberikan perhatian khusus terhadap masalah-masalah yang terjadi di sekitar Anda. Kemudian lakukan 5 langkah design thinking untuk memproses setiap ide bisnis yang Anda miliki sebelum kemudian meluncurkannya secara resmi.

Bisnis startup sudah di depan mata, keputusan untuk memulainya murni di tangan Anda.

Jadi, sudahkah Anda memahami sepenuhnya tentang apa itu startup? Yuk, mari kita berdiskusi di kolom komen!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *