Tips Sukses Bisnis Dropship Aman Tanpa Ribet

Mencari peluang bisnis modal kecil mungkin sedikit terdengar mustahil bagi Anda. Namun jangan salah! Bisnis tanpa modal pada kenyataannya dapat Anda lakukan dengan cara melakukan memanfaatkan bisnis dropship dalam kegiatan bisnis online.

Apa itu Bisnis dropship?

Dalam bisnis Indonesia pada umumnya, kita mengenal istilah supplier, konsumen, dan distributor. Supplier adalah pihak penyedia produk, konsumen adalah pihak yang melakukan permintaan produk, sementara distributor adalah pihak perantara antara supplier dan konsumen.

Nah, bisnis dropship adalah ketika Anda berperan sebagai pihak distributor antara supplier dan konsumen Anda, tanpa harus menampung barang yang dibeli oleh pihak konsumen. Hal ini juga berarti Anda tidak perlu mengirimkan produk-produk pesanan konsumen Anda satu per satu.

Loh? Lalu bagaimana cara Anda berjualan? Bagaimana cara barang bisa sampai ke konsumen kalau begitu?

Inilah asiknya bisnis dropship. Anda tidak perlu ribet memikirkan proses packing and pengiriman barang, karena supplier Anda lah yang akan langsung mengirimkan pesanan konsumen Anda ke alamat mereka. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan promosi dan mengumpulkan pesanan sebanyak-banyaknya untuk meraup keuntungan yang Anda inginkan.

Namun di sisi lain, bisnis dropship adalah salah satu bisnis yang terkenal ribet dan rawan penipuan. Karena itu, jika Anda memilih untuk menggeluti bisnis ini, Anda harus cerdas dan hati-hati dalam setiap proses transaksi. 

Berikut tips yang akan dapat membantu Anda agar bisnis dropship Anda tetap aman dan tidak ribet.

 

  • Menjual Produk yang Tepat

jual beli

Tips pertama dalam mengelola bisnis dropship yang aman dan tidak ribet adalah menjual produk-produk yang tepat. Ini artinya Anda dianjurkan untuk memilih produk-produk dalam satu kategori/niche saja untuk mempermudah pengelolaan bisnis Anda agar lebih terfokus. 

Jangan lupa untuk memilih produk yang sedang trending, serta produk yang memiliki peluang bisnis dan permintaan yang cukup stabil tanpa terbatas oleh waktu. 

 

  • Memilih Supplier yang Kooperatif

bisnis online

Dalam bisnis dropship, memilih supplier adalah kunci utama yang harus Anda perhatikan dengan saksama. Hal ini karena supplier lah yang menjadi sumber produk dan yang akan melakukan proses pengiriman barang langsung ke pembeli.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih supplier yang kooperatif dan bersedia memberikan respon cepat dalam memroses pesanan Anda. Tak lupa pertimbangkan juga kesediaan supplier dalam menjawab pertanyaan serta memberikan solusi bagi masalah-masalah Anda dan pembeli Anda terkait produk-produk mereka.

 

  • Membangun Brand dan Toko Online yang Catchy

bisnis online

Anda memang berperan sebagai agen atau distributor bagi supplier Anda. Tetapi untuk mendapatkan pesanan sebanyak-banyaknya, Anda tetap harus membangun reputasi toko online Anda sendiri.

Mulailah membuat website toko online Anda dan membuat akun resmi di marketplace-marketplace ternama seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak, dan berikan newsfeed yang catchy untuk menarik perhatian calon pembeli. Tak lupa juga untuk selalu berproses membangun reputasi brand dan toko online Anda dengan memberikan servis yang baik bagi customer Anda, serta berbagai macam promosi dan voucher agar pelanggan akan semakin tertarik membeli dari toko online Anda.

 

  • Terapkan Sistem Otomatis

bisnis online

Tips terakhir agar bisnis dropship Anda dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa ribet, adalah dengan menerapkan sistem otomisasi pada website dan akun marketplace Anda.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan memasang plugin untuk toko online, mengaktifkan fitur asisten penjual pada akun marketplace Anda, atau menggunakan aplikasi pembantu seperti aplikasi keyboard ponsel, Selly.

Nah, apabila Anda sudah kewalahan menanangi order-order yang membanjir, mungkin sudah saatnya Anda mencari seorang asisten untuk membantu Anda menghandle pesan-pesan yang dikirim oleh customer. Dengan begitu, Anda tidak perlu ribet menangangi semuanya sekaligus.

Bisnis dropship adalah salah satu ide bisnis online yang bisa dilakukan bahkan tanpa modal awal sepeser pun. Karena itulah, bisnis dropship merupakan sebuah peluang bisnis mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Namun perlu diingat, bisnis dropship bukan berarti tanpa risiko, ya! Karena produk yang Anda jual akan dikirim oleh supplier langsung ke konsumen, hal ini berarti akan susah bagi Anda untuk memantau kualitas produk yang dipesan oleh customer satu per satu.

Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perhatian ekstra khusus dalam proses pemilihan supplier pada step awal bisnis dropship Anda. Mintalah sample produk kalau bisa, atau jika memungkinkan, sisihkan sedikit dana untuk menguji atau membeli satu atau dua jenis produk dari supplier yang sudah Anda seleksi. Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran awal mengenai kualitas produk yang dijual oleh supplier Anda.

Akhir kata, setiap ide bisnis akan membutuhkan proses. Nikmatilah proses tersebut dan kerjakan dengan hati senang agar Anda tidak merasa ribet dan terbebani melakukannya.

Tujuan bisnis yang paling ideal bukanlah hanya untuk meraih sukses, tetapi juga menikmati setiap proses menuju kesuksesan tersebut.

Good luck and have fun!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *