Bingung Jualan? Coba Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar Ini! Mudah dan Untung Banyak!

Bisnis makanan adalah bisnis yang paling banyak digemari bagi banyak kalangan, terutama mereka yang memiliki ketrampilan memasak. Selain merupakan bisnis rumahan yang bisa dikerjakan sembari mengerjakan tugas-tugas di rumah, bisnis makanan juga salah satu bisnis modal kecil yang bisa dikerjakan hanya dengan berbekal uang 50 ribu rupiah.

“Saya ingin berjualan makanan, tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana. Kemampuan memasak saya juga biasa-biasa saja,”

Eits! Jangan salah! Anda tidak harus menjadi koki ahli untuk memulai bisnis makanan.

Karena sebenarnya para penggelut bisnis makanan di luar sana juga tidak memiliki modal sertifikat chef seperti Chef Juna atau Chef Arnold. Yang Anda butuhkan hanyalah kesungguhan niat, usaha, dan ide.

Nah, untuk masalah ide, serahkan saja pada kami. Pada kesempatan kali ini, kami akan membantu Anda dalam ide bisnis makanan yang mudah dan dijamin laku: bisnis jajanan anak sekolah dasar.

Ha ha! Terlihat enteng ya? Justru itulah yang Anda perlukan untuk memulai bisnis makanan Anda di level pemula dengan bisnis modal kecil. Bisnis jajanan anak sekolah dasar adalah ide bisnis makanan yang sederhana, tidak membutuhkan banyak modal, namun dengan potensi peluang bisnis luar biasa yang akan menghasilkan omzet hingga jutaan per hari.

Jadi, apa saja ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang paling banyak diminati saat ini? 

 

  • Jasuke

jasuke

Jasuke adalah singkatan dari Jagung – Susu – Keju, yang merupakan bahan dasar dari jajanan ini. Walaupun terlihat sederhana, bisnis Jasuke adalah ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang akan memberikan Anda profit yang cukup besar.

Satu porsi Jasuke biasa dijual dengan harga 5 hingga 7 ribu rupiah dengan ukuran porsi rata-rata sebanyak setengah hingga satu gelas air mineral. Dan dengan menyediakan berbagai macam rasa seperti barbeque, pedas, balado, dll., Anda akan meningkatkan kemungkinan pembelian ganda dari satu orang anak. Apabila Anda berhasil menjual setidaknya 200 porsi dalam sehari, Anda bisa mendapatkan omzet sekitar 1 hingga 1,5 juta sehari hanya dari satu menu makanan ini.

Wah, lumayan juga, ya!

 

  • Telur Gulung

telur gulung

Telur gulung sebenarnya adalah adonan telur dadar yang digoreng, kemudian digulung dengan tusuk sate. Namun jajanan ini sangalah digemari oleh anak-anak sehingga menjadi peluang bisnis jajanan anak sekolah dasar yang sangat menjamur.

Dengan bermodalkan minyak, telur ayam, dan tusuk sate, Anda bisa menjual telur gulung dengan kisaran harga 7 hingga 10 ribu per porsi. Sedangkan satu porsi biasa berisi 3 atau 4 tusuk. Nah, bisa Anda bayangkan, jika Anda menjual 100 porsi saja dalam sehari, Anda sudah mengantongi omzet sebesar 1 juta per hari hanya dengan berjualan telur.

 

  • Sosis Bakar

sosis bakar

Ini nih, salah satu ide bisnis makanan ringan jajanan anak sekolah dasar yang sangat mudah dan tidak memerlukan ketrampilan memasak khusus.

Siapapun dapat membuat sosis bakar hanya dengan meletakkan sosis jenis bratwurst yang sudah diiris melingkar dan ditusuk sate di atas panggangan, kemudian mengolesinya dengan saus pilihan. Kemudian tunggu beberapa menit dan sosis siap dihidangkan.

Mudah, kan? Dan omzet yang didapatkan juga luar biasa, lho! 1 tusuk sosis bakar dijual dengan harga 10 hingga 15 ribu. Jadi penjualan 100 porsi, atau 100 tusuk saja dalam sehari dapat menghasilkan omzet 1 hingga 1,5 juta rupiah.

Mudah, tidak ribet, untung banyak! Kurang apa lagi coba?

 

  • Pizza Mini

pizza mini

Jangan bayangkan pizza mini sebagai ide bisnis makanan yang ribet dan mahal seperti yang sering Anda temui di bisnis franchise ternama. Pizza mini sebagai ide bisnis jajanan anak sekolah dasar berarti adonan roti tipis yang dioles saus tomat dan diberi topping irisan sosis dan keju.

Dan bisnis makanan ini akan semakin mudah dilakukan lagi jika Anda mengganti adonan roti dengan roti tawar yang dipipihkan.

Simple, bukan? Memang ide bisnis makanan ini sangat simple, tapi anak-anak sangat menyukainya.

Dengan bisnis makanan pizza mini, Anda bisa mendapatkan omzet kurang lebih 200 ribu hingga 700 ribu dengan menjual 100 porsi pizza mini per hari, tergantung dengan jenis bahan yang Anda gunakan. 

 

  • Cilok dan Cimol

cilok bandung

Dua jenis jajanan ini sama-sama berbahan dasar aci, atau tepung kanji. Perbedaannya adalah Cilok dimasak dengan cara direbus dan disajikan dengan berbagai macam saus: saus kacang, kecap, atau saus sambal.

Di sisi lain, Cimol dimasak dengan cara digoreng dan disajikan bersama dengan kentang halus goreng dan bumbu tabur aneka rasa: keju, barbeque, balado, jagung bakar, pedas, dan lain sebagainya.

Kedua jajanan ini sangat tenar di kalangan anak-anak. Karena itulah seringkali kita temui abang-abang membawa gerobak berjualan cimol dan cilok di depan sekolah dasar, taman bermain, bahkan hingga sekolah menengah dan area taman kota.

Anda dapat memulai bisnis ini hanya dengan modal mulai dari 50 ribu untuk membeli tepung kanji, tepung terigu, minyak, dan bumbu-bumbunya. Sedangkan omzet yang Anda dapatkan dapat mencapai 700 ribu hingga 1 juta apabila Anda menjual 100 porsi dengan harga 7 ribu hingga 10 ribu per porsi nya.

Rupanya bisnis jajanan anak sekolah dasar sangat sederhana dan mudah dilakukan, ya? Ini cocok sekali bagi Anda yang sedang mencari penghasilan tambahan yang bisa dikerjakan sambil mengurus pekerjaan rumah atau bahkan sambil mengerjakan bisnis online Anda.

Terlebih lagi jika Anda memiliki anak yang duduk di bangku sekolah dasar, maka Anda sudah mengantongi peluang bisnis yang besar dari channel yang bisa Anda manfaatkan bagi ide bisnis Anda. Anda bisa menitipkan dagangan Anda di kantin sekolah, ataupun mempromosikannya melalui group WhatsApp.

Jangan salah! Walaupun bisnis jajanan anak sekolah dasar ini tampak sepele dan kekanak-kanakan, potensi pelanggan bisnis ini tidak terbatas pada anak-anak saja, lho! Bahkan seringkali orang dewasa juga menggemari makanan-makanan ini. Oleh karena itu, Anda juga dapat melebarkan jangkauan bisnis Anda ke lingkungan sekitar Anda seperti kampus universitas, area perkantoran, serta warung internet.

Kira-kira bisnis jajanan anak sekolah dasar apalagi ya, yang akan menjadi ide bisnis kreatif dengan peluang keuntungan yang besar? Barangkali Anda masih ingat jajanan favorit Anda saat Anda masih duduk di bangku sekolah dasar dulu? Ceritakan pengalaman Anda di kolom komen, yuk!

 

  • Kue Pancong

 

Kue pancong juga dikenal dengan nama Gandos. Jajanan yang satu ini adalah jajanan klasik dan jadul yang memiliki penggemar dari berbagai macam kalangan mulai orang tua hingga anak-anak.

Kue pancong seringkali dianggap sama dengan kue pukis karena bentuknya yang mirip. Tetapi keduanya memiliki bahan dasar yang berbeda: kue pancong berbahan dasar santan dan kelapa muda parut yang membuat rasanya gurih, sedangkan kue pukis biasanya berbahan dasar tepung dan susu sehingga rasanya lebih manis. 

Bisnis jajanan anak sekolah dasar yang satu ini akan membawa keuntungan yang cukup signifikan bagi Anda. Satu buah kue pancong rata-rata dibanderol dengan harga 1,000 hingga 2,000 rupiah. Sedangkah satu orang dapat membeli 5 hingga 10 kue pancong sekali pesan. Apabila Anda dapat menjual ke 100 orang saja, omzet yang Anda dapatkan dapat menyentuh 2 juta per harinya.

 

  • Kue Cubit

 

Kue Cubit sebenarnya sudah ada sejak era zaman old, namun peluang bisnis kue cubit semakin meningkat dengan viralnya jenis jajanan ini. Cobalah Anda bereksperimen dengan ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang satu ini dapat Anda kreasikan dari jenis topping: coklat, keju, sosis, dll. hingga varian rasa kekinian seperti green tea, mocca, mangga, serta takaran bahan tepung yang digunakan maupun kematangannya. 

Jangan salah! Kue cubit lumer dengan banyak varian rasa saat ini menjadi peluang bisnis jajanan anak sekolah dasar yang tengah naik daun, lho!

Kue Cubit klasik sederhana dapat Anda jual dengan kisaran harga 5 hingga 10 ribu rupiah per kemasan. Tetapi kue cubit kekinian dengan varian rasa beragam dapat Anda patok dengan harga 15 hingga 20 ribu rupiah, lho! Dengan menjual 100 porsi sehari saja, Anda sudah dapat meraup omzet 1,5 hingga 2 juta rupiah.

Lumayan, kan?

 

  • Es Potong

 

Es potong adalah es krim sederhana berbahan dasar susu, krim, dan maizena. Ide bisnis jajanan anak sekolah dasar ini menjadi sebuah tren jajanan kekinian yang banyak dikenal dengan nama es potong Singapura.

Anda dapat berkreasi dengan ide bisnis ini dengan menambahkan roti dan berbagai macam topping pelengkap untuk menambah peluang bisnis dan cita rasa es potong dagangan Anda. Cobalah untuk bereksperimen dengan berbagai macam rasa yang unik seperti matcha, kopi, taro, bubblegum, charcoal, dsb.

Harga satuan es potong sederhana di kalangan sekolah dasar mungkin hanya berkisar 3 ribu rupiah. Namun apabila Anda mengembangkan peluang bisnis Anda ke orang tua dan para guru, Anda dapat menjual es potong kekinian dengan berbagai macam variasi dengan harga 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Menjual 100 porsi sehari saja akan membawa omzet kurang lebih sebesar 1 juta rupiah.

 

  • Martabak Mini

 

Nah, ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang satu ini dijamin laris manis tanjung kimpul! Martabak mini adalah salah satu inovasi bagi anak-anak yang ingin makan martabak dengan berbagai macam varian rasa dengan rasa yang lebih terjangkau. Tetapi jangan salah! Penggemar martabak mini tidak hanya kalangan anak-anak saja, lho! Malahan peluang bisnis ini dapat juga Anda perluas hingga para guru dan orang tua murid.

Tentu saja, untuk menarik peminat, Anda harus selalu berkreasi dengan berbagai macam toping camilan ini. Jangan hanya dengan menyediakan topping standar seperti coklat, pisang, keju, serta kombinasinya, melainkan juga tingkatkan peluang bisnis Anda dengan menambahkan menu dengan topping kekinian seperti oreo, kit kat, ovomaltine, dan nutella.

Jika martabak mini reguler dapat Anda jual dengan harga satuan 2 ribu rupiah, maka martabak mini kekinian dapat Anda dagangkan dengan harga 5 ribu hingga 10 ribu rupiah per satuannya tergantu jenis dan banyaknya toping yang Anda gunakan. Sehingga penjualan 100 buah martabak mini saja dalam satu hari akan mendatangkan omzet kurang lebih sebesar 1 juta rupiah.

 

  • Es Mambo

 

Peluang bisnis jajanan anak sekolah dasar yang satu ini memang tidak akan lekang oleh waktu. Apalagi saat cuaca terik dan panas menyerang, es mambo akan menjadi penyelamat dan pelepas dahaga.

Es mambo biasa dijual dengan varian rasa coklat, vanilla, dan stroberi dengan berbagai macam kreasi warna dan toping klasik seperti mutiara, kacang hijau, ketan hitam, dan cendol. Namun varian rasanya tidak hanya terbatas pada itu saja, lho! Anda bisa melakukan eksperimen dengan menambahkan varian rasa dan topping zaman now seperti taro, red velvet, bubblegum, hingga topping boba, oreo, dan regal.

Harga satu potong es mambo berada pada rata-rata kisaran 1,000 hingga 2,000 rupiah. Dengan menambahkan varian rasa dan toping kekinian, Anda dapat meningkatkan value dan peluang bisnis jajanan ini hingga 5 ribu rupiah per potong. Penjualan 100 potong es mambo setiap harinya akan mendatangkan omzet sebesar 500 ribu rupiah.

Rupanya bisnis jajanan anak sekolah dasar sangat sederhana dan mudah dilakukan, ya? Ini cocok sekali bagi Anda yang sedang mencari penghasilan tambahan yang bisa dikerjakan sambil mengurus pekerjaan rumah atau bahkan sambil mengerjakan bisnis online Anda.

Terlebih lagi jika Anda memiliki anak yang duduk di bangku sekolah dasar, maka Anda sudah mengantongi peluang bisnis yang besar dari channel yang bisa Anda manfaatkan bagi ide bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *