Sukses Dimulai Dari Bisnis Kecil-Kecilan, Ikuti Tips Berikut!

bisnis kecil kecilan

 

Kesuksesan adalah sebuah impian yang begitu menyilaukan, sehingga terkadang cahayanya menutupi proses-proses yang harus dijalani. Mungkin jika Anda melihat teman-teman Anda yang memiliki bisnis kecil kecilan yang sukses pada saat ini, Anda sempat berangan-angan untuk bisa menjadi berhasil seperti mereka.

Well, jika memang benar demikian, jangan hanya berangan-angan!

Meraih kesuksesan bukan merupakan sebuah jalan yang singkat. Anda bisa tanyakan ini pada teman-teman Anda, maka beberapa dari mereka akan menjawab bahwa kesuksesan yang mereka raih saat ini bisa saja berawal hanya dari sebuah bisnis rumahan atau bisnis kecil-kecilan yang kemudian mereka kembangkan.

Tetapi memang benar bahwa melakukan bisnis kecil-kecilan secara sembarangan saja tidaklah cukup. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membantu Anda menilik beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis Anda.

 

  • Memulai bisnis kecil-kecilan dengan hal yang Anda sukai

bisnis kecil kecilan

Salah satu kunci penting dalam menjalankan bisnis kecil-kecilan adalah untuk memulainya dari sesuatu yang Anda sukai.

Ada puluhan ide bisnis rumahan dan bisnis kecil-kecilan yang akan memberikan peluang bisnis yang luar biasa di dunia bisnis Indonesia. Tetapi apabila Anda melakukannya dengan bersungut-sungut dan malas karena Anda tidak merasa tertarik pada ide tersebut, maka sudahlah pasti bisnis kecil-kecilan Anda tidak akan berjalan dengan lancar. Sehingga akhirnya, Anda mengalami kegagalan di tengah jalan.

Oleh karena itu, pilihlah ide bisnis kecil-kecilan yang paling menarik minat Anda. Atau bisa juga mulailah bisnis kecil-kecilan Anda dari berbagai ketrampilan yang Anda miliki, dan Anda happy ketika melakukannya.

Dengan begitu, bisnis kecil-kecilan Anda akan dimulai dengan awal yang lebih menjanjikan.

 

  • Memilih bisnis kecil-kecilan sesuai dengan dana yang Anda miliki

dana bisnis kecil kecilan

Memiliki banyak sekali kegemaran yang ingin Anda jadikan ide bisnis kecil-kecilan tentunya juga akan membuat Anda kebingungan memilih, sehingga hal ini akan memperlambat langkah Anda untuk memulai bisnis kecil-kecilan Anda.

Jika memang demikian, Anda bisa lebih mengerucutkan berbagai ide bisnis yang menarik tersebut dengan menyesuaikannya dengan dana yang Anda miliki.

Karena, well, Anda juga harus realistis dan memilih bisnis yang tidak hanya Anda gemari, tetapi juga sesuai dengan isi kantong Anda saat ini.

Dan ingatlah bahwa pada tahap ini, Anda sangat tidak disarankan untuk melakukan pinjaman dalam bentuk apapun. Anda baru akan memulai, dan pinjaman-pinjaman tersebut hanya akan menjadi beban biaya sehingga menutup peluang bisnis Anda untuk melangkah lebih jauh lagi di dunia bisnis Indonesia.

 

  • Membuat rancangan bisnis sederhana

business plan

Anda sudah memiliki beberapa ide bisnis, dan dana juga sudah tersedia.

Eits! Jangan langsung ngegas, ya! Sebelum Anda menginjak pedal gas dan meluncurkan bisnis Anda, akan lebih baik jika Anda membuat rancangan bisnis sederhana terlebih dahulu.

Mengapa?

Karena rancangan bisnis inilah yang akan memberikan gambaran dasar mengenai perjalanan bisnis kecil-kecilan Anda. Rancangan bisnis akan membantu Anda membuat fondasi dasar akan langkah-langkah yang harus Anda lakukan, gambaran biaya yang akan Anda keluarkan, perkiraan keuntungan yang Anda dapatkan, serta berbagai kemungkinan masalah dan hambatan yang terjadi pada bisnis Anda.

Apabila Anda sudah memiliki rancangan bisnis dan sudah memahaminya dengan baik, Anda tidak akan berjalan dengan buta dalam menjalankannya.

Sehingga ketika masalah datang? Huh, enjoy aja! Semua sudah terpikirkan!

 

  • Kreatif dalam melakukan promosi

promotion

Nah, sekarang Anda sudah siap memulai bisnis kecil-kecilan Anda. Selanjutnya yang harus Anda perhatikan dengan saksama adalah melakukan berbagai promosi dengan cara yang kreatif dan tidak biasa.

Bagaimana caranya?

Mudah saja, karena bisnis kecil-kecilan Anda baru saja berdiri, masih belum banyak yang menyadari kehadirannya. Oleh sebab itu, pada awal masa pembukaan, buatlah promosi yang unik yang dapat menarik perhatian peminat sehingga mereka menjadi penasaran untuk tahu lebih lanjut mengenai bisnis Anda.

Seperti misalnya, menggunakan balon-balon yang meramaikan toko Anda atau memasang satu atau dua karangan bunga yang berisi ucapan selamat atas berdirinya bisnis Anda. Tenang saja, jika belum ada yang mengirimkan karangan bunga tersebut, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencantumkan nama saudara atau teman dekat Anda. Tentu saja, sebelum melakukannya, Anda harus minta izin dulu, ya!

Selain dalam bentuk menarik seperti di atas, Anda juga bisa melakukan promosi dalam bentuk program promo opening untuk meningkatkan peluang Anda. Sebagai contoh, berikan promo pembelian seperti beli 2 gratis 1, atau dapatkan souvenir cantik untuk minimal pembelian tertentu, bahkan gratis produk untuk 10 pembeli pertama jika Anda berani.

Lakukan promo se’gila’ yang Anda bisa agar Anda dapat menarik perhatian dari calon pembeli sebanyak mungkin. Gunakan sosial media dan sosial chatting platform, dan jangan lupa untuk manfaatkan social media influencer lokal di daerah Anda. 

Tenang saja, beberapa social media influencer ini tidak meminta bayaran, kok! Percayalah! Mereka juga butuh konten baru! Jadi pilihlah dengan baik mana social media influencer yang bisa Anda ajak kerjasama tanpa harus mengeluarkan dana tambahan, ya!

 

  • Unik dan tidak pernah berhenti berinovasi

inovasi

Memiliki sebuah bisnis pribadi, baik itu bisnis rumahan, bisnis sampingan, maupun bisnis kecil-kecilan, bukanlah hal yang langka lagi di era milenial ini.

Malah pada kenyataanya, banyak anak-anak muda milenial yang lebih memilih untuk merintis sejak dini, bahkan sambil sekolah atau kuliah, dengan harapan bahwa mereka dapat berhasil meraih sukses lebih awal. Inilah kemudian yang akan menimbulkan beragam kompetisi yang harus Anda hadapi dalam perjalanan bisnis Anda.

Tetapi jangan khawatir!

Untuk menghadapi kompetisi yang sengit di dunia bisnis Indonesia, Anda cukup menjaga agar bisnis kecil-kecilan Anda tetap khas dan unik.

Jangan pernah ragu untuk melakukan inovasi dalam bentuk apapun, baik itu dari segi produk, dekorasi tempat, bentuk promosi, bahkan buatlah kostum unik jika perlu.

Jika Anda kehabisan ide untuk meningkatkan peluang bisnis Anda, gunakanlah sistem ATM: Amati, Tiru, Modifikasi. Amati berbagai inovasi yang ada di sekitar Anda, kemudian tirulah dengan memberikan modifikasi khas bisnis kecil-kecilan Anda. 

Dengan begitu, Anda akan terus up-to-date dengan tren bisnis masa kini, sehingga peluang bisnis Anda akan terus terbuka lebar.

 

  • Manajemen Keuangan yang Baik

keuangan

Jangan melulu memburu keuntungan!

Ingat, bisnis kecil-kecilan Anda sedang dalam tahap rintisan. Anda baru saja membuka jalan Anda untuk masuk dalam persaingan bisnis Indonesia masa kini yang penuh dengan inovasi dan kreativitas. Jadi, apabila Anda hanya mengejar keuntungan, sudah pasti bisnis kecil-kecilan Anda tidak akan bertahan lama.

Berhati-hatilah dalam mengelola keuangan bisnis Anda dan utamakan profit kotor yang Anda dapatkan untuk menutup semua biaya beban bisnis yang lain seperti tagihan listrik/air, sewa kontrak, membayar karyawan. Setelah itu, sisihkan budget khusus untuk melakukan promosi dan inovasi produk. Setelah semua biaya tertutup dengan baik, barulah kemudian Anda boleh menyimpan laba bersih yang tersisa.

Ingat! Jangan pernah menyepelekan biaya-biaya beban usaha Anda! Jika Anda memilih untuk memberikan prioritas kepada hal lain, biaya-biaya beban ini akan semakin menumpuk. Apabila terlambat, Anda akan mengalami kesulitan dalam menutup biaya-biaya tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat banyak mangkrak di tengah jalan: mereka dililit hutang biaya yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan menjalankan bisnis mereka saja.

Karena itu berhati-hatilah dalam mengatur manajemen keuangan Anda. Dengan begitu, bisnis Anda akan terus sukses dan lestari.

Membangun sebuah bisnis tidak melulu dari sebuah ide bisnis yang terlihat wow. Ambil saja contoh Bob Sadino yang memulai kerajaan bisnisnya dengan berjualan telur ayam secara door-to-door. Ia menghampiri satu rumah ke rumah yang lain dan menawarkan telur ayam yang dia jual, dan itu dia lakukan terus menerus sampai akhirnya dia memiliki kesempatan untuk mengembangkan peluang bisnis yang ia jalankan.

Ketekunan dan perseverance inilah yang harus Anda miliki dalam proses mengembangkan bisnis Anda. Di samping itu, Anda juga harus melatih kemampuan Anda untuk menemukan peluang bisnis dan kesempatan baru dalam proses perjalanan bisnis Anda. Sehingga setelah peluang bisnis tersebut datang, kepekaan Anda sudah terlatih dan Anda dapat segera mengambilnya dengan cekatan.

Tekunlah dan tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *