Anti Gagal! Tips Sukses Bisnis Laundry

Beberapa tahun ini bisnis laundry menjadi salah satu bisnis yang semakin banyak dicari. Hal ini terutama bagi mereka yang setiap harinya dipenuhi oleh jadwal padat dengan banyak sekali kegiatan, contohnya mahasiswa dan pekerja kantoran.

Bisnis laundry memang merupakan bisnis menjanjikan yang bisa dilakukan bahkan oleh seorang pemula di dunia bisnis indonesia sekalipun. Ide bisnis ini bahkan bisa menjadi sebuah peluang bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan dengan bermodalkan mesin cuci dan perlengkapan setrika saja.

Tetapi tunggu dulu! Bukan berarti kemudian Anda bisa melangkah tanpa persiapan, ya!

Tips anti gagal yang harus Anda simak untuk meningkatkan peluang bisnis laundry Anda :

 

  • Temukan lokasi bisnis yang strategis

lokasi bisnis

Tips pertama yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis laundry dengan sukses adalah mencari lokasi bisnis yang strategis bagi bisnis laundry Anda.

Seperti yang telah disebutkan, calon pelanggan  kebanyakan adalah orang-orang sibuk yang tidak memiliki waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah, seperti memasak dan mencuci baju. Dan orang-orang inilah yang kemungkinan besar akan mencari jasa bisnis laundry supaya kesibukan mereka tidak terganggu dan pekerjaan rumah mereka juga tetap selesai.

Karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menemukan lokasi bisnis strategis, yang dekat dengan tempat di mana orang-orang sibuk ini tinggal dan melakukan aktivitas, seperti area perkantoran, area sekolah dan kampus, serta area dekat dengan kos-kosan maupun apartemen.

Dengan memilih lokasi-lokasi tersebut, bisnis laundry Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk menarik pelanggan. Para pekerja dan mahasiswa yang sibuk ini akan jelas memilih jasa laundry yang dekat dengan tempat mereka beraktivitas sehingga mereka dapat dengan mudah menitipkan dan mengambil pakaian mereka untuk dicuci saat mereka membutuhkannya.

 

  • Berikan pelayanan yang cepat dan berkualitas

Time is money.

Ketika Anda berurusan dengan kalangan orang sibuk, kecepatan dan ketepatan adalah sebuah nilai yang dianggap sangat penting bagi mereka. Karena itulah, apabila Anda bisa menyelesaikan proses laundry dengan hasil yang bersih dan rapi, serta menyelesaikannya dalam proses yang cepat, maka bisnis laundry Anda akan menjadi tujuan utama bagi mereka yang membutuhkan jasa pencucian pakaian.

 

  • Sediakan layanan bisnis laundry yang bervariasi

bisnis laundry

Tips anti gagal berikutnya untuk meningkatkan peluang bisnis laundry Anda adalah dengan menyediakan jenis pelayanan yang bervariasi.

Anda mungkin boleh mulai dari bisnis laundry kiloan biasa karena memang bisnis laundry kiloan merupakan ide bisnis yang lebih mudah dilakukan dengan modal yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis bisnis laundry lainnya.

Tetapi untuk selanjutnya, tidak hanya baju, Anda bisa menambah jenis layanan laundry untuk produk-produk sehari-hari lainnya seperti karpet, selimut, boneka, bahkan hingga tas dan sepatu.

Dengan menyediakan berbagai layanan laundry, pelanggan akan semakin tertarik untuk menggunakan jasa laundry Anda. Karena, well, orang sibuk mana yang lebih memilih untuk pergi ke beberapa tempat berbeda hanya untuk melaundrykan barang-barang mereka, ketika sudah ada jasa one-stop laundry milik Anda di dekat mereka?

 

  • Memahami cara pencucian bahan dengan baik

bisnis laundry

Nah, mungkin tips anti gagal yang satu ini terdengar sepele. Tetapi memang benar bahwa memahami cara pencucian bahan dengan baik akan membuat bisnis laundry Anda semakin digandrungi pelanggan.

Hal ini karena banyak sekali bisnis laundry di luar sana yang sama sekali tidak peduli bahwa ada beberapa bahan yang membutuhkan teknik pencucian khusus. Akibat ketidakpedulian ini, pakaian milik pelanggan mereka menyusut atau bahkan rusak parah, dan ini akan menimbulkan kekecewaan yang besar dari pelanggan. Kekecewaan tersebut akan semakin besar apalagi jika pakaian yang rusak merupakan favorit dari pelanggan Anda. Alhasil, pelanggan Anda memutuskan untuk tidak lagi memakai jasa laundry dari Anda.

Nah, untuk menghindari hal ini, cobalah memperluas pengetahuan Anda dengan mencari tahu lebih detil lagi mengenai teknik-teknik yang tepat untuk pencucian bahan yang berbeda.

 

  • Berhati-hati dengan pakaian milik pelanggan

laundry

Pakaian tertukar, pakaian rusak, atau bahkan pakaian yang hilang.

Tips anti gagal selanjutnya adalah untuk menghindari ketiga hal di atas agar sama sekali tidak terjadi pada pakaian pelanggan Anda.

Kekecewaan terbesar bagi pelanggan bisnis laundry adalah ketika terjadi mishandling atau kesalahan penanganan pada pakaian mereka. Apalagi jika pakaian mereka hilang atau rusak, kekecewaan ini akan mengakibatkan pelanggan tersebut berhenti menggunakan jasa laundry Anda.

Seperti yang kita tahu, informasi menyebar secepat kilat dan kehilangan pelanggan merupakan salah satu informasi yang akan sangat merugikan bagi bisnis  Anda. 

Karena itulah, untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus selalu berhati-hati dalam penanganan Anda terhadap pakaian milik pelanggan. Pastikan hasil pencucian yang bersih, rapi, harum, dan sempurna pada pakaian pelanggan Anda. 

Hal tersebut akan membuat pelanggan Anda akan semakin betah, dan bahkan merekomendasikan bisnis laundry Anda kepada saudara dan kerabat mereka.

 

  • Teruslah promosi dan berikan reward

online

Anda mungkin merasa bisnis laundry Anda sudah cukup laris saat ini. Tetapi ada baiknya jika Anda terus melakukan promosi sehingga Anda dapat lebih menarik lebih banyak pelanggan.

Promosi dapat dilakukan dengan cara memberikan potongan harga khusus untuk minimal order tertentu, maupun voucher diskon selama periode yang ditentukan. Pilihlah jenis promosi yang sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis Anda saat ini.

Di sisi lain, Anda tidak boleh hanya melulu terfokus pada mencari pelanggan baru sehingga mengabaikan pelanggan Anda saat ini. Cobalah berikan apresiasi terhadap kesetiaan mereka menjadi pelanggan Anda dengan memberikan hadiah berupa souvenir atau voucher belanja. Dengan begitu, pelanggan Anda akan merasa dihargai dan semakin betah berlangganan.

Siapa tahu, dengan adanya reward menarik bagi pelanggan-pelanggan lama, hal ini akan memotivasi pelanggan baru Anda untuk tetap berlangganan agar mereka juga dapat menikmati reward tersebut.

Nah, itulah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda agar menjadi semakin terdepan. Dengan begitu, peluang bisnis Anda pada ide bisnis menjanjikan ini akan semakin besar dan bisnis laundry Anda akan semakin sukses.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap sukses?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *