Fenomena Bisnis Modal Kecil yang Gagal dan Gulung Tikar: Apa Sebabnya?

Menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha merupakan sebuah ide bisnis yang terlihat menyenangkan. Dibandingkan dengan bekerja kantoran yang terkekang oleh tempat dan waktu, berwirausaha terlihat jauh lebih menarik karena Anda dapat menentukan sendiri jadwal dan tempat kerja Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi repot bangun subuh dan pulang malam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Tapi apakah memang benar demikian?

Apakah menggeluti dunia wirausaha bisnis Indonesia merupakan ide bisnis yang mudah dan semenyenangkan itu?

Namun dengan semakin maraknya tren profesi entrepreneur atau wirausaha, ternyata semakin banyak pula fenomena bisnis modal kecil dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang mendadak bangkrut dan gulung tikar padahal baru saja dimulai.

Jika memang peluang bisnis wirausaha lebih mudah dan menyenangkan, mengapa fenomena kebangkrutan bisnis modal kecil baru ini bisa begitu banyak terjadi?

Alasan mengapa bisnis modal kecil mengalami kegagalan dan gulung tikar :

 

  • Tidak Berdasarkan Rencana Bisnis yang Matang

bisnis online

Alasan pertama mengapa banyak bisnis modal kecil yang gagal dan gulung tikar adalah karena para penggelutnya tidak memiliki rencana bisnis yang matang.

Seperti yang sudah disebutkan, tren bisnis modal kecil kian meroket sehingga banyak sekali pihak yang ingin ikut berpartisipasi menjadi seorang entrepreneur hanya karena ikut-ikutan atau coba-coba. Mereka hanya ingin mengikuti tren yang ada saat ini tanpa menyiapkan rencana bisnis atau business plan yang memadai sebagai landasan perjalanan bisnis mereka.

Rencana bisnis merupakan sebuah bekal yang penting apabila Anda berminat menjadi wirausaha dan membangun bisnis Anda sendiri. Rencana bisnis ini akan membantu Anda menyusun langkah-langkah yang harus Anda ambil dalam setiap keputusan bisnis Anda, serta mempersiapkan Anda menghadapi potensi-potensi masalah yang akan Anda hadapi selama Anda merintis dan menjalankan bisnis Anda.

Untuk itu, Rencana Bisnis atau Business Plan memiliki peran yang sangat penting sebagai peta menuju tujuan sukses Anda.

 

  • Kurangnya Sikap Tekun dan Konsistensi Pelaku Bisnis

content creator

Mungkin Anda berpikir bahwa dengan memilih profesi wirausaha, hidup Anda akan jauh lebih santai dan mudah karena Anda tidak harus mematuhi sistem kantor yang ribet dan membosankan. 

Jika Anda merasa demikian, maka Anda salah besar.

Dan pemikiran seperti inilah yang mengakibatkan banyak bisnis modal kecil yang gagal dan bangkrut di tengah jalan.

Ketika Anda memiliki bisnis Anda sendiri, memang benar bahwa Anda tidak perlu mematuhi sistem kantor yang dibuat oleh para atasan Anda. Tetapi malah justru Anda lah yang membuat sistem Anda sendiri.

Ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, memang. Karena itulah banyak sekali bisnis modal kecil maupun modal besar di luaran sana yang gulung tikar hanya karena pemiliknya gagal membangun sistem bisnis bagi dirinya sendiri.

Apabila Anda memilih bisnis wirausaha, Anda tidak bisa bersikap pasif dan hanya menunggu konsumen datang mencari Anda. Justru Anda lah yang harus mencari dan mengumpulkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Ingat bahwa pada tahap merintis, bisnis Anda belum dikenal banyak orang. Kalaupun sudah, mereka mungkin masih tidak paham akan kualitas produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Untuk itulah Anda harus selalu tekun dan konsisten untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. Anda harus bersedia melakukan hal yang sama terus menerus setiap hari dan berinovasi pada usaha-usaha yang Anda lakukan.

Apabila Anda bosan dan menyerah di tengah jalan, maka sudah pasti bisnis Anda akan layu sebelum berkembang.

 

  • Kurangnya Promosi dan Pemasaran

bisnis online

Anda boleh saja memiliki produk yang unik dan berkualitas tinggi yang tidak dimiliki oleh toko-toko yang lain. Namun apabila Anda tidak melakukan usaha promosi dan pemasaran yang cukup, orang-orang tidak akan tahu mengenai produk unik yang Anda dagangkan.

Inilah kesalahan yang banyak dilakukan para pengusaha pemula sehingga bisnis modal kecil maupun modal besar mereka bangkrut di tengah jalan. Mereka pikir dengan memiliki produk unik dan mengandalkan promosi MLM (Mulut Lewat Mulut) saja sudah cukup.

Padahal kenyataannya tidak demikian.

Untuk itu jika Anda ingin sukses dalam berwirausaha, Anda juga harus rajin melakukan promosi dan pemasaran produk dan jasa yang Anda jual. Anda bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas promosi gratis yang diberikan oleh marketplace, maupun melalui media sosial untuk menarik lebih banyak lagi calon pembeli.

 

  • Manajemen Keuangan yang Kurang Profesional

bisnis tanpa modal

Apabila Anda merasa sudah melakukan hal-hal di atas, namun bisnis online maupun bisnis rumahan yang Anda lakukan tetap saja gagal, mungkin ada baiknya Anda menilik cara Anda mengelola keuangan bisnis Anda.

Salah satu penyebab krusial yang mengakibatkan fenomena bisnis modal kecil yang gulung tikar adalah kurangnya profesionalisme pemilik dalam mengelola keuangan bisnis mereka. Hal ini karena sistem mindset atau pola pikir yang dimiliki belum sesuai dengan kondisi yang sedang dijalani.

Apabila Anda sedang dalam proses merintis bisnis wirausaha Anda, Anda harus ekstra hati-hati dalam mengelola keuangan. Jangan melulu mengejar hasil dan keuntungan sebanyak-banyaknya pada masa ini, tapi fokuslah pada cara pengelolaan keuangan agar bisnis Anda tetap bisa berjalan dan long-lasting.

Perketat pengeluaran dan kurangi biaya-biaya yang tidak perlu. Jika bisnis Anda masih dalam lingkup kecil, Anda tidak perlu mempekerjakan karyawan maupun menggunakan alat-alat canggih yang membutuhkan biaya lebih.

Dan yang paling penting, hindari mengambil terlalu banyak uang bisnis untuk keperluan pribadi, dan fokus pada perputaran uang untuk mengembangkan bisnis Anda terlebih dahulu.

Itulah alasan-alasan terbesar mengapa fenomena bisnis modal kecil banyak yang gulung tikar dan gagal di tengah jalan. Apabila Anda merupakan salah satu calon penggelut bisnis wirausaha, Anda bisa menjadikan poin-poin di atas sebagai pelajaran untuk menjalankan bisnis modal kecil maupun bisnis online Anda ke depannya.

Jangan pernah menyerah!

Anda mungkin akan mengalami beberapa kegagalan dalam proses merintis bisnis Anda, tapi kegagalan ini merupakan sebuah proses yang akan membantu Anda melangkah semakin dekat menuju kesuksesan.

Ketika Anda jatuh, Anda boleh saja sedih dan kecewa. Namun Anda tetap harus bangkit lagi dan kembali berusaha, karena itu berarti Anda terus berproses.

Tetapi ketika Anda jatuh, kemudian berhenti dan menyerah. Di sinilah kegagalan yang sesungguhnya terjadi dan pintu kesuksesan bagi Anda akan tertutup rapat.

Jadi, tetaplah terus bangkit walaupun Anda jatuh ratusan kali.

“Success is falling nine times and getting up ten,”

“Sukses adalah ketika Anda mengalami kegagalan sembilan kali, tetapi tetap berhasil bangun untuk yang kesepuluh kalinya,”

– Jon Bon Jovi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *