Cari Uang dalam Tidur? Inilah 5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Online

Pernahkan Anda terheran-heran dengan teman atau tetangga Anda yang sepertinya hanya nongkrong di rumah seharian atau kerjaannya main gadget, namun tetap bisa memenuhi kebutuhan mereka, bahkan lebih?jawabannya adalah bisnis online, dengan keuntungan bisnis online Anda bisa seperti mereka bahkan lebih! 

Tentunya Anda akan semakin melongo ketika suatu hari teman atau tetangga Anda tersebut bisa mampu membeli mobil baru atau mendaftarkan anak-anak mereka ke sekolah mahal. Jangan-jangan mereka masih dibiayai orang tua? Atau malah memelihara makhluk gaib! 

Stop! Hindari pikiran negatif seperti itu!

Mengapa? Karena kemungkinan yang paling besar saat ini adalah mereka berpartisipasi dalam bisnis online yang kebanyakan memang tidak terdeteksi dari luar.

Di era millennial, tren bisnis online semakin marak dilakukan oleh banyak orang, terutama di kalangan generasi muda.

Ya, generasi milenial merupakan salah satu pemegang peran penting dalam meroketnya bisnis online. Hal ini karena pada umumnya, para generasi muda milenial lebih mengemari jenis-jenis usaha yang dapat dilakukan di mana saja tanpa terbataskan tempat dan waktu. Karena itulah, dibandingkan dengan kerja kantoran maupun membuka toko konvensional, banyak dari mereka memilih untuk menggeluti dunia bisnis online.

Inilah mengapa banyak sekali kaum muda zaman now yang mungkin tampak hanya tinggal di rumah seharian, atau bahkan kerjaannya hanya main gawai atau duduk di depan komputer, tetapi masih bisa mencukupi biaya hidup mereka, bahkan seringkali lebih.

Nah, mungkin sekarang Anda akan bertanya-tanya, apa sih untungnya menjalankan bisnis online ini ?

 

  • Bisnis online adalah bisnis tanpa modal

bisnis online

Ya, bisnis online sangat digemari banyak kalangan karena Anda tidak perlu menyiapkan sejumlah modal khusus untuk memulainya. Kalaupun dianggap modal, yang perlu Anda siapkan untuk memulai bisnis online adalah ponsel dan koneksi internet yang memadai.

Hal ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan bisnis konvensional di mana Anda harus memiliki modal khusus untuk menyiapkan tempat, produk, serta alat-alat yang dibutuhkan. Dan tentunya dana yang dibutuhkan untuk mengcover semua keperluan di atas tidaklah sedikit.

Lihat juga : Bisnis dropship

Dengan bisnis online, Anda tidak perlu lagi mengumpulkan atau meminjam uang untuk modal awal. Satu-satunya modal yang Anda butuhkan adalah niat dan ketekunan.

 

  • Tidak terbatas waktu dan tempat

kerja freelance

Orang-orang yang bekerja kantoran harus berangkat pada pukul 8 pagi dan pulang pada jam 5 sore. Sedangkan pemilik bisnis konvensional harus berlomba-lomba membuka toko mereka seawal mungkin, menutup toko selarut mungkin, dan mengisi hari-hari mereka dengan berjaga di toko seharian demi meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Namun tidak dengan bisnis online. Anda bisa menjalankannya kapan saja dan di mana saja sesuai dengan rutinitas Anda. Seorang ibu rumah tangga bisa tetap menjalankan bisnis online sembari mengurus anak-anaknya di rumah. Seorang mahasiswa juga menjalankan bisnis online nya tanpa harus meninggalkan kelas dan kegiatan kampus.

Terlebih lagi, dengan menggeluti bisnis online, seorang suami/ayah akan tetap bisa mencari nafkah untuk keluarganya tanpa harus meninggalkan hobi mereka. Anda bisa saja tetap menonton pertandingan bola atau bermain game sambil tetap menjalankan bisnis online Anda.

Dan untuk beberapa jenis bisnis online, penghasilan akan tetap terus datang bahkan ketika Anda sedang tidur!

 

  • Bisnis online memiliki potensi pasar yang lebih luas

bisnis online

Pada bisnis konvensional, jangkauan pasar yang bisa Anda raih adalah sebatas kota tinggal dan daerah sekitarnya. Tapi dengan bisnis online, Anda bisa memiliki potensi pasar yang jauh lebih luas hingga tinggal nasional, bahkan juga sampai Internasional.

Dengan bantuan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube, serta online marketplace ternama seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan bahkan Etsy, Anda bisa menawarkan produk Anda ke semua kalangan hingga ke level internasional.

 

  • Bisnis online dapat menekan biaya operasional

bisnis tanpa modal

Jika Anda membuka bisnis konvensional, Anda tidak akan bisa lari dari biaya-biaya operasional tambahan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Biaya-biaya ini misalnya biaya sewa tempat, tagihan listrik dan air, serta biaya-biaya pajak yang mengikuti jenis produk atau jasa yang Anda jual.

Tapi tidak dengan bisnis online. Dalam bisnis online, profit adalah profit. Anda tidak perlu membayar biaya-biaya operasional tambahan jika Anda tidak menginginkannya. Satu-satunya tagihan yang perlu Anda khawatirkan adalah tagihan pulsa internet karena inilah yang akan sangat berperan penting dalam kelangsungan bisnis online Anda.

 

  • Bisnis online tidak memerlukan latar belakang khusus

bisnis online

Jika Anda memutuskan menjadi karyawan, Anda jelas akan membutuhkan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Di sisi lain, bisnis konvensional akan memerlukan setidaknya pengetahuan dasar mengenai neraca akuntansi agar pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan baik selama merintis usaha.

Tapi tidak dengan bisnis online. Bisnis online bisa dimulai oleh siapapun tanpa tergantung usia dan tanpa membutuhkan latar belakang khusus. Selama Anda paham apa itu konsep untung-rugi, dan bersedia belajar lebih lanjut tentang penggunaan media sosial dan online marketplace, Anda dapat memulai bisnis online Anda detik ini juga.

Bagaimana? Setelah memahami berbagai macam keuntungan bisnis online di atas, apakah Anda masih bingung mengapa ide bisnis ini sangat diminati oleh banyak kalangan?

Walaupun memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan, bisnis online tetap memerlukan usaha yang jauh lebih konsisten dibandingkan dengan bisnis konvensional atau peluang bisnis lainnya. Terlebih lagi dengan semakin banyaknya peminat ide bisnis ini, yang menimbulkan persaingan yang semakin ketat dan sengit di kalangan para penggelut bisnis online.

Namun jangan khawatir! Untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis online yang sangat kompetitif ini, Anda cukup mempertahankan ketekunan dan konsistensi kerja Anda, serta mengutamakan keunikan produk dan kualitas servis yang memuaskan.

Dengan memiliki keunikan tersendiri, hal ini akan menarik perhatian calon pembeli untuk memiliki produk khas yang Anda dagangkan. Sedangkan kualitas servis yang memuaskan akan membuat konsumen Anda betah dan kembali berlangganan di toko online Anda.

Bisnis online akan membawa keuntungan yang terus berdatangan bagi Anda bahkan ketika Anda tidur.

Nah, sekarang apakah Anda berminat? Jika berminat langsung saja baca artikel kami tentang cara memulai bisnis online .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *