Bisnis Properti Bukan Cuma Untuk Milyader: Anda Juga Bisa!

Bisnis Properti? Ah, itu kan bisnis orang-orang berduit saja!

Coba jujur, pasti itulah kalimat pertama yang muncul di kepala Anda ketika membahas mengenai bisnis properti.

Bisnis properti merupakan peluang bisnis yang cukup aman tanpa risiko merugi yang besar seperti yang dimiliki oleh ide bisnis lainnya. Peluang bisnis properti sangatlah menjanjikan sehingga banyak pelaku bisnis berbondong-bondong mengumpulkan sejumlah uang agar bisa segera berpartisipasi dalam ide bisnis yang menjanjikan ini.

Karena, yah, seperti yang kita semua ketahui, untuk memulai bisnis properti, dibutuhkan persediaan dana yang cukup besar sebagai modal awal. Sebagai contoh misalnya ketika melakukan pembelian properti secara kredit, Anda akan membutuhkan budget puluhan juta untuk menutup biaya down payment, sertifikat, notaris, serta biaya-biaya lainnya. Dan Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak memiliki spare uang untuk digunakan sebagai modal awal dalam pergelutan bisnis menguntungkan ini.

Bagaimana tidak? Walau Anda menabung sekalipun, harga properti akan terus naik. Perbandingan nilai tabungan Anda dan nilai properti kemungkinan akan terus konstan dan bahkan bisa saja turun sewaktu-waktu. Hal inilah yang membuat banyak orang berpikir bisnis properti hanyalah untuk orang-orang berduit.

Namun apakah berarti keinginan Anda untuk bergabung dalam bisnis properti harus kandas begitu saja? 

Tentu tidak!

Perlu Anda ketahui bahwa bisnis properti BUKAN peluang bisnis bagi milyader saja.

Anda juga bisa! Selama Anda mengetahui bagaimana cara menjalankan bisnis yang menguntungkan ini dengan baik, pemula seperti Anda pun memiliki peluang sukses yang besar dalam bisnis ini.

Jadi, bagaimana cara memulai bisnis properti ketika Anda bukan seorang milyader? Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan di bawah ini:

 

  • Mencari kesempatan melalui sekeliling

kesempatan bisnis properti

Anda tidak harus berpikir dengan rumit tentang bagaimana cara memulai bisnis properti ketika Anda tidak memiliki dana yang cukup. Kesempatan selalu ada ketika Anda mencarinya.

Cobalah sesekali Anda berjalan-jalan di sekitar wilayah tempat tinggal dan tempat kerja Anda. Pada umumnya, dalam satu wilayah paling tidak ada satu atau dua pihak yang berniat menjual properti mereka. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini! 

Carilah nomor pemilik properti tersebut, di sinilah Anda bisa memanfaatkan posisi Anda sebagai penduduk wilayah setempat untuk menanyakan pada sekitar mengenai pihak penjual properti dan detil properti itu sendiri. Setelah Anda mendapatkannya, Anda bisa menghubungi pihak menjual dan menawarkan kerjasama untuk membantu menjualkan properti mereka.

Anda harus pastikan juga untuk mendiskusikan dengan jelas mengenai sistem kerjasama Anda sejak awal dan berapa komisi yang penjual tawarkan apabila Anda berhasil menjual properti miliknya. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman antara Anda dan pemilik properti.

 

  • Membangun networking dan memanfaatkannya (mencari peminat)

networking bisnis properti

Setelah Anda mendapatkan beberapa peluang bisnis properti, Anda kemudian dapat membangun network baik secara offline maupun online.

Anda dapat mulai dari teman dan kerabat Anda yang mungkin memiliki ketertarikan pada bisnis properti dan menawarkannya kepada mereka. Siapa tahu mereka memang sedang mencari tambahan aset atau investasi dan tertarik membeli properti yang Anda tawarkan.

Di samping itu, bisa juga Anda membangun networking secara online melalui media sosial. Anda bisa bergabung dengan grup peminat properti di berbagai media sosial dan forum online. Usahakan untuk selalu terbuka dengan kesempatan kerjasama dengan broker atau makelar lainnya, tetapi lakukan diskusi awal dan kesepakatan kerjasama dengan jelas beserta angka-angkanya.

Ingat! Anda harus selalu berhati-hati. Jangan sembarangan membagi informasi bisnis maupun informasi personal Anda di grup dan forum-forum tersebut untuk menghindari kecurian dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

 

  • Memanfaatkan social media marketing dan website jual-beli properti

marketing

Di era digital ini, internet dan social media marketing bagaikan memiliki sihir menakjubkan dengan hasil luar biasa yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun. Di saat seperti inilah media sosial akan sangat berguna untuk Anda manfaatkan.

Anda bisa membuat akun media sosial khusus atau website resmi untuk menampilkan listing properti tersedia yang sudah Anda kumpulkan. Berikan detil informasi mengenai spesifikasi properti tersebut disertai dengan caption menarik untuk mengundang minat para calon pembeli.

Namun di sisi lain, usahakan untuk lebih berhati-hati mengenai informasi detil lokasi properti Anda untuk mencegah agar orang lain tidak mencuri peluang bisnis ini tanpa sepengetahuan Anda.

 

  • Menggunakan cara Over Kredit

over kredit

“Saya tidak ingin menjadi perantara. Saya ingin terjun dalam dunia jual-beli properti. Tapi saya tidak punya uang tunai sebanyak itu!”

Tenang saja. Bukan berarti impian Anda kandas di tengah jalan hanya karena saat ini Anda belum memiliki dana untuk melakukan pembelian properti secara tunai.

Kunci utama yang harus Anda perhatikan saat Anda ingin terjun dalam bisnis properti adalah: Anda memiliki penghasilan tetap dengan nominal yang stabil setiap bulannya. Apabila hal ini sudah Anda miliki, Anda memiliki kesempatan yang sama di dunia bisnis properti dengan para sultan-sultan milyader di luar sana.

Jika pemasukan bulanan yang Anda hasilkan memiliki nominal yang stabil setiap bulannya, Anda bisa menggunakan trik over kredit / oper kredit rumah sebagai langkah awal Anda dalam menekuninya.

Over kredit atau oper kredit adalah ketika Anda menjual rumah hasil kredit KPR Anda ke pihak ketiga. Tentu saja cara ini lebih riskan dan membutuhkan perhitungan yang lebih detil dan spesifik mengenai untung-ruginya. Di samping itu, proses yang dibutuhkan juga akan lebih memakan waktu. Namun apabila Anda bersedia menjalaninya, cara bisnis properti ini juga bisa menjadi jalan pintas bagi Anda yang memiliki dana terbatas.

 

  • Memulai dari bisnis homestay dan kontrakan

homestay

Jangan salah! Bisnis properti tidak harus selalu melibatkan tanah atau rumah seutuhnya, lho!

Mungkin saat ini Anda memiliki sebuah bagian di tempat tinggal Anda yang tidak digunakan untuk sementara ini. Nah, Anda juga dapat berpartisipasi dalam dunia bisnis properti dengan cara menyewakan bagian dari tempat tinggal Anda tersebut untuk digunakan sebagai homestay maupun lokasi bisnis.

Walaupun cara bisnis properti ini jauh lebih sederhana, Anda juga tetap mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang signifikan. Apalagi jika lokasi tempat tinggal Anda dekat dengan pusat kota atau merupakan lokasi bisnis yang strategis, maka sudah pasti value yang ditawarkan akan cukup tinggi, dan akan terus naik setiap tahunnya.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai bisnis properti yang ingin Anda jalankan?

Tentu saja bisnis properti merupakan sebuah peluang bisnis menjanjikan yang terbuka bagi siapapun yang tertarik menekuninya. Apabila Anda aktif dalam pencarian listing, serta terbuka dalam membangun network dan mencari pembeli, maka bisnis properti akan membawa Anda ke pintu sukses lebih cepat dari yang Anda perkirakan.

Akhir kata, perlu diingat bahwa pemilihan dan pembelian properti tidak bisa Anda lakukan dengan buru-buru. Anda harus melakukan perhitungan mengenai lokasi, potensi tanah, dan prospek properti tersebut di masa depan.

Mengutip kalimat raksasa dunia properti, Mr. Tjie Tjin Hoan atau Ir. Ciputra, pemilik Ciputra Group,

“Sepuluh doktrin dalam bisnis properti, yaitu lokasi dan akses, tema dan master plan, fasilitas, kualitas, lingkungan, layanan, gaya hidup, partisipasi, janji, dan pertambahan nilai.”

Selamat mencoba dan jadilah pemasar yang tangguh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *