5 Ide Bisnis Rumahan Simple Dengan Hasil Menjanjikan

Banyak orang memimpikan untuk bisa berada di rumah seharian. Mereka berpikir bahwa berada di dalam rumah sepanjang hari merupakan sebuah surga dan anugerah. Kita tidak perlu berjuang melawan panas dan hujan, serta terlindungi dari kemungkinan-kemungkinan bahaya di luar sana.

Tetapi, orang-orang yang sudah merasakan pengalaman di mana mereka diharuskan untuk stand by di rumah sepanjang waktu, misalnya ibu/bapak rumah tangga, akan dengan yakin mengatakan pada Anda, “It sucks!”, berada di rumah sepanjang hari itu sangat menyebalkan.

Mungkin memang benar, hanya di rumah saja selama satu atau dua hari bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk beristirahat. Namun, ketika dilakukan terus-menerus setiap hari, hal ini akan membuat kita merasa bosan dan terkungkung.

Jadi, apakah Anda memiliki pengalaman serupa?

Jika iya, pastinya Anda akan membutuhkan kegiatan pengalih yang dapat Anda lakukan tanpa harus meninggalkan tugas Anda di rumah, seperti misalnya menjalankan bisnis rumahan

Jangan salah! Memang kondisi saat ini tidak memungkinkan Anda untuk banyak bepergian. Tapi hal tersebut bukan menjadi halangan bagi Anda untuk ikut berbisnis, lho! Anda tetap bisa menjalankan bisnis Anda dari rumah jika Anda memilih bisnis rumahan yang tepat bagi kondisi dan situasi Anda saat ini.

5 ide bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan tanpa harus meninggalkan  rumah Anda :

 

  • Bisnis online

bisnis online

Di era digital ini hampir semuanya dapat dilakukan selama Anda memiliki ponsel dan koneksi internet. Salah satunya adalah dengan memulai bisnis online Anda sendiri.

Ada berbagai macam cara bisnis online yang dapat Anda lakukan, misalnya berjualan barang di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Jika Anda masih ingin mencoba-coba dan belum memiliki dana yang cukup untuk modal usaha, Anda bisa mencoba sistem dropship ke supplier Anda. Dengan sistem dropship, Anda tidak harus menyediakan stok barang dagangan karena pesanan akan langsung dikirim oleh supplier ke customer dengan mencantumkan nama Anda sebagai pengirim. Dengan modal ponsel, foto produk, dan koneksi internet, Anda dapat langsung mulai berbinis.

Selain bisnis online di marketplace, ide bisnis online lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan akun-akun sosial media Anda dan memberikan postingan menarik untuk meningkatkan follower. Nah, setelah jumlah follower Anda cukup, Anda kemudian bisa menawarkan jasa promosi atau endorsement.

Siapa tahu, Anda bisa menjadi selebgram ternama walaupun Anda stay di rumah seharian.

Lihat juga : cara memulai bisnis online

 

  • Bisnis laundry Kiloan

bisnis laundry

Salah satu ide bisnis rumahan yang dapat mudah Anda lakukan adalah dengan membuka bisnis laundry kiloan. Bisnis laundry kiloan merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa membutuhkan banyak tempat maupun ketrampilan khusus.

Anda cukup bermodalkan mesin cuci dan mesin pengering pakaian, serta alat-alat yang diperlukan untuk proses setrika dan packaging akhir, serta timbangan. Sediakan alat-alat ini di rumah Anda dan bisnis laundry kiloan Anda siap dimulai! 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas kebersihan pakaian yang dititipkan pada Anda, ya! Serta pilihlah parfum laundry yang harum dan aman digunakan. Dengan begitu, pelanggan akan puas dengan hasil kerja Anda dan akan betah berlangganan dalam jangka panjang.

 

  • Bisnis kuliner

bisnis kuliner

Membahas bisnis kuliner, Anda pasti langsung berpikir bahwa Anda harus membuka café atau resto yang pastinya membutuhkan banyak tempat untuk area makan dan parkir. Sedangkan kondisi rumah Anda saat ini tidak memungkinkan untuk menyediakan tempat seluas itu.

Siapa bilang? Bisnis kuliner tidak harus berarti membuka café atau resto besar seperti di luaran sana, lho!

Sekarang Anda dapat memulai bisnis kuliner dari rumah kapan saja. Dengan adanya fasilitas ojek online seperti Go-Food dan GrabFood, ditambah dengan tingkat kesibukan zaman sekarang yang semakin meningkat, banyak sekali orang yang memilih untuk memesan makanan lewat sistem delivery daripada membuang waktu berharga mereka di jalan.

Kesempatan inilah yang bisa Anda ambil dengan memanfaatkan ketrampilan memasak Anda dan menyediakan santapan lezat bagi para foodies yang sibuk itu. Anda cukup mendaftarkan diri untuk bergabung dalam kemitraan ojek online di atas dan voila! Bisnis kuliner Anda siap dijalankan.

Satu hal yang paling penting saat Anda ingin memulai bisnis rumahan yang satu ini: Anda memiliki kualitas hasil masakan yang lezat dan konsisten agar pelanggan Anda betah dan terus kembali memesan makanan Anda.

Untuk menarik perhatian, Anda boleh juga membagi-bagikan tester makanan kepada teman atau kerabat sebelum memulai bisnis kuliner Anda secara resmi. Dengan begitu, setelah bisnis kuliner Anda berjalan, Anda sudah memiliki sejumlah peminat yang dapat secara tidak langsung membantu mempromosikan masakan Anda.

 

  • Budidaya Ikan Hias

budidaya ikan hias

Salah satu tren bisnis rumahan yang unik dan simple adalah budidaya ikan hias. Ide bisnis budidaya ikan hias mungkin terdengar asing, namun jangan salah! Ikan hias memiliki peluang bisnis dari banyak komunitas yang besar dan aktif sehingga Anda tidak akan pernah kehabisan peminat.

Di samping itu, bisnis ikan hias tidak mengharuskan Anda meninggalkan rumah karena semua peralatan dan dagangan dapat Anda letakkan di mana saja di area rumah Anda.

Memulai ide bisnis rumahan yang satu ini tidaklah sulit, Anda cukup menyediakan beberapa akuarium dengan ukuran yang cukup, melengkapi peralatan pendukung, dan membeli bibit ikan hias berkualitas tinggi.

Untuk memulainya, Anda bisa memilih jenis ikan hias yang berpotensi menjadi bisnis yang menjanjikan, seperti ikan Arwana, ikan Louhan, ikan Koi, ikan discus atau ikan mas Koki.

 

  • Jasa Penitipan Anak

jasa penitipan anak

Bisnis rumahan yang satu ini memiliki potensi yang semakin meningkat. Hal ini karena semakin banyak pasangan yang harus meninggalkan anaknya dengan terpaksa karena tuntutan pekerjaan mereka. Terlebih lagi apabila para orang tua ini tinggal sebagai pendatang, dan jauh dari kerabat mereka.

Jasa penitipan anak merupakan bisnis rumahan yang dapat Anda lakukan dengan menyediakan tempat dan berbagai beraktivitas menarik bagi anak-anak yang akan dititipkan pada Anda. Hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memulai bisnis rumahan ini adalah memastikan bahwa tempat yang Anda sediakan selalu bersih, kegiatan-kegiatan yang Anda sediakan berkualitas, serta pendidik atau pengasuh yang berkomitmen untuk menjaga dan memerhatikan anak-anak klien Anda.

Dan pada akhirnya, yang paling penting adalah Anda harus selalu memastikan keamanan anak-anak yang dititipkan pada Anda. Jaminan bahwa anak-anak akan sehat, aman, dan terstimulasi, adalah poin penting yang akan menarik para orang tua untuk tertarik menitipkan buah hati mereka pada Anda.

Nah, itulah 5 ide bisnis rumahan simple yang dapat Anda jalankan dari rumah. Dengan menjalankan ide bisnis yang menjanjikan tersebut, Anda tidak akan lagi suntuk dan merasa terkungkung di dalam rumah.

Lagipula, selain menambah aktivitas, ide bisnis rumahan di atas akan menjanjikan penghasilan tambahan yang menggiurkan selama Anda berkomitmen untuk mengelolanya dengan tekun dan bertanggung jawab. Tentu saja, tanpa meninggalkan kewajiban-kewajiban yang harus Anda lakukan di rumah, ya!

Dengan ide bisnis rumahan ini, jangan kaget jika orang akan terheran-heran dan berdecak kagum melihat Anda yang tetap bisa produktif dan berpenghasilan tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah Anda.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *