3 Kunci Utama Meningkatkan Peluang Bisnis StartUp Anda

startup

 

Memulai bisnis startup di era kekinian di mana masyarakat telah melek digital seperti sekarang mungkin merupakan hal yang biasa. Bahkan, banyak generasi muda millennial yang berbondong-bondong membuka bisnis startup mereka sendiri seolah hal ini sudah merupakan tren yang menjamur.

Jadi, apakah sebenarnya membangun bisnis startup merupakan hal yang mudah di dunia bisnis Indonesia? Apakah ide bisnis yang satu ini benar-benar merupakan ide bisnis yang menjanjikan sehingga diminati oleh sekian banyak orang?

Yes! Di era digital zaman now ini, masyarakat secara umum sangat menggandrungi berbagai fasilitas otomatis yang dapat mereka lakukan hanya dengan menggunakan gadget, dari mulai berkomunikasi, memesan makanan, bahkan mencari ojek.

Karena itulah, bisnis startup digital memang adalah sebuah peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan cukup signifikan.

Namun di sisi lain, seiring dengan meningkatnya peluang bisnis startup, meningkat pula jumlah pelaku bisnis yang tergabung dalam bisnis menjanjikan ini. Kompetisi bisnis digital di dunia bisnis Indonesia kian hari semakin sengit sehingga banyak bisnis startup yang kewalahan hingga akhirnya tumbang.

Lalu bagaimana agar hal itu tidak terjadi pada bisnis startup Anda?

Ada 3 kunci penting yang harus Anda perhatikan untuk terus meningkatkan peluang bisnis startup Anda di tengah persaingan ketat dunia bisnis Indonesia.

 

  • Persiapan yang Matang

ide bisnis

Kunci yang pertama ini sebenarnya harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis startup Anda. Banyak bisnis startup, pada saat mereka melihat sebuah peluang bisnis di depan mata, segera melakukan eksekusi pada ide bisnis mereka dengan hanya berbekal ide saja. Tanpa persiapan yang matang.

Jika itu yang Anda lakukan, maka kemungkinan besar Anda akan gagal di tengah jalan.

Memang benar, salah satu trik bisnis yang berhasil adalah untuk segera melakukan pelaksanaan ketika peluang bisnis muncul, tetapi hal ini tetaplah harus dilandasi dengan persiapan yang matang. Gunakan 5 langkah design thinking dalam perencanaan ini sebelum melakukan eksekusi ide bisnis Anda: Empathize, Define, Ideate, Prototype, Test.

Proses perencanaan di atas artinya sebelum Anda menjalankan bisnis Anda secara real-time dan melakukan official launch, Anda harus mulai mendesain bisnis Anda dengan cara mencari tahu dan berempati terhadap apa yang menjadi problem di masyarakat pada umumnya.

Setelah Anda menemukan masalah utama dan turut berempati terhadap masalah yang genting tersebut, Anda dapat mencari penyebab utama mengapa masalah itu terjadi, kemudian mulai memikirkan solusi bagi penyebab masalah tersebut. Setelah itu, barulah Anda membuat produk percobaan yang akan Anda ujikan di masyarakat.

Jika pengujian ini berhasil, then you are good to go! Jika tidak, pelajari kembali ide bisnis Anda dan ulangi prosesnya.

 

  • People Oriented

bisnis startup

Baik dalam dunia bisnis Indonesia maupun internasional, bisnis startup dengan ide bisnis yang kreatif dan menarik memang hampir tidak terhitung. Namun ternyata, hanya segelintir dari para pelaku bisnis ini yang kemudian bisa meningkatkan peluang bisnis mereka, lalu melesat tinggi menuju kesuksesan. 

Jika Anda perhatikan bahkan, beberapa dari para pelaku bisnis startup yang berhasil ini hanya memulainya dengan bisnis kecil-kecilan tanpa jumlah pendanaan dan investasi yang besar. Justru kemudian para investor lah yang berbondong-bondong datang untuk mengucurkan dana bagi mereka.

Mengapa demikian? Karena mereka paham benar, bahwa supaya mereka berhasil dalam melakoni peluang bisnis ini, mereka harus meletakan prioritas langkah mereka bukan hanya pada ide bisnis dan teknologi yang mereka kembangkan, namun juga para pelaku bisnis yang terlibat di dalamnya, baik itu konsumen maupun anggota tim bisnis startup yang mereka bentuk.

Sure, Anda mungkin bisa memulai bisnis Anda dengan ide bisnis unik yang lain dari yang lain, serta memiliki peluang bisnis yang tidak tertandingi. Tetapi ingatlah bahwa bisnis Anda ini tetap ditujukan pada manusia dan akan dijalankan oleh manusia juga.

Oleh karena itu, selain fokus dalam memikirkan strategi bisnis dan langkah selanjutnya, Anda harus memastikan juga bahwa bisnis Anda telah memenuhi kebutuhan konsumen Anda dengan baik.

Mintalah feedback dan pendapat dari konsumen Anda mengenai apa saja yang harus ditingkatkan dari layanan bisnis Anda. Juga jangan lupa untuk memberikan perhatian khusus pada kesulitan yang mereka alami saat menjadi klien dari bisnis Anda, kemudian lakukan perbaikan.

Di sisi lain, Anda juga harus menjaga agar para anggota yang tergabung dalam tim Anda dapat bekerja dengan efektif dan nyaman.

Apabila pada tahap-tahap awal bisnis startup, Anda mungkin belum bisa memberikan upah yang tinggi, fokuslah pada kenyamanan bekerja mereka dengan memberikan berbagai fasilitas sederhana.

Sebagai contoh, Anda dapat menyediakan snack dan minuman gratis di kantor, maupun mengadakan kegiatan menarik seperti piknik ke lokasi wisata terdekat untuk sekadar refreshing dan mempererat kerjasama tim.

Dengan memberikan fokus khusus kepada para manusia yang terlibat, maka perhatian pada bisnis Anda akan semakin bertambah, dan peluang bisnis Anda akan semakin terbuka lebar.

 

  • Inovasi, Inovasi, Inovasi!

inovasi

Jangan pernah berhenti berinovasi!

Walaupun bisnis startup Anda terlihat sudah berjalan dengan stabil, jangan pernah berhenti berkembang dan melakukan inovasi dalam ide bisnis yang Anda jalankan.

Ingatlah ilustrasi frog in a boiling water – katak dalam air mendidih. Ketika seekor katak diletakkan dalam air kemudian Anda memanaskannya, si katak akan menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu tubuh air yang perlahan meningkat.

Hingga akhirnya, pada saat air mendidih, katak tersebut akan mati kepanasan karena tidak lagi memiliki tenaga untuk melompat keluar dari dalam air.

Hal yang sama akan terjadi apabila Anda hanya beradaptasi dengan kondisi pasar tanpa melakukan inovasi, apalagi ketika Anda bergelut dengan dunia teknologi digital, di mana inovasi adalah makanan sehari-hari.

Tahukah Anda mengapa iPod bisa sangat populer pada zamannya?

Mereka mulai dari satu inovasi unik yang tidak dilakukan oleh merk mp3 player yang lain: mengubah warna earphone mereka menjadi putih.

Ketika brand lain memproduksi produk mereka dengan warna hitam sesuai minat pasar, iPod melakukam inovasi yang justru menarik perhatian dengan mengubah warna tersebut dengan warna yang mencolok. Di situlah kemudian brand ini semakin melejit. 

Tetapi hal ini tidak membuat mereka berhenti begitu saja. Hingga saat ini, Apple masih melakukan berbagai macam inovasi yang menarik begitu banyak peminat.

Hal yang sama lah yang harus Anda lakukan dengan bisnis startup Anda. Jangan pernah takut untuk melawan arus minat pasar dan melakukan sesuatu yang berbeda. Inovasi adalah hal penting yang harus Anda lakukan terus menerus agar peluang bisnis Anda semakin meningkat.

Ada banyak cara dalam meningkatkan peluang bisnis startup Anda, tetapi kami dapat menjamin bahwa semua cara akan kembali pada 3 kunci krusial di atas.

Anda harus selalu ingat bahwa bisnis startup adalah sebuah ide bisnis yang sangat dinamis di dunia bisnis Indonesia. Ketika ide bisnis lain dapat berjalan stabil dengan rutinitas konstan setiap harinya, para pelaku bisnis startup digital harus terus memutar otak untuk berkembang sesuai dengan zamannya.

Tetapi justru itulah yang menjadi kesenangan dan daya tarik ide bisnis yang menjanjikan ini. Selain potensi keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan ide bisnis lainnya, bisnis startup memiliki dinamika yang sangat tidak terduga sehingga Anda dapat terus bersenang-senang dan menjalankannya dengan excitement yang berbeda setiap harinya.

Untuk itu, teruslah fokus dengan bisnis startup Anda dan kesuksesan akan segera terlihat di depan mata Anda!

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *