Ingin Bisnis Tanpa Modal Anda Berhasil? Ini Kuncinya!

Ada banyak ide bisnis modal kecil maupun bisnis tanpa modal yang bisa dimulai dengan mudah di zaman yang serba canggih ini. Mulai dari bisnis makanan, bisnis dropship, maupun bisnis kecil-kecilan lainnya yang bisa dilakukan tanpa membutuhkan dana awal yang jumlahnya signifikan.

Memang benar, siapapun bisa memulai bisnis tanpa modal dan menjalankannya kapan saja. Tetapi, apakah semua ide bisnis tersebut sudah pasti dapat Anda lakukan dengan sukses?

Belum tentu.

Pada kenyataannya, dalam dunia bisnis Indonesia, banyak pelaku bisnis yang masih saja mengalami kerugian besar dalam perjalanan bisnis tanpa modal mereka sehingga akhirnya menyerah dan membuang ide bisnis mereka begitu saja.

Ini merupakan hal yang wajar dan sering terjadi.

Jadi, bagaimana caranya agar bisnis tanpa modal yang Anda rintis berhasil? Berikut akan kami bahas tips dan trik agar bisnis tanpa modal Anda dapat berhasil membawa Anda menuju kesuksesan.

 

  • Jeli memilih supplier / marketplace

supplier

Seiring dengan kemajuan dunia bisnis Indonesia, semakin banyak pula pelaku bisnis yang muncul dan menyediakan peluang bisnis baru bagi pemula seperti Anda.

Di sinilah kejelian Anda diuji.

And harus sangat berhati-hati dalam memilih pihak-pihak yang terlibat dalam kerja sama bisnis yang Anda lakukan seperti pihak pemasok atau supplier dan juga pihak marketplace tempat Anda menjual barang-barang dagangan Anda.

Pastikan supplier yang Anda pilih adalah supplier yang terpercaya dan berpengalaman. Anda tidak harus langsung mencari produsen atau distributor tangan pertama langsung ketika Anda memulai bisnis tanpa modal Anda.

Alih-alih mencari kesempatan dari pihak toko online dan supplier pemula, justru fokuslah untuk mencari penjual yang sudah memiliki toko online berpengalaman dan marketplace yang sudah memiliki riwayat yang baik, serta bersedia membantu Anda ketika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan bisnis tanpa modal Anda.

 

  • Penentuan harga yang tepat

harga

Terlalu mahal tidak akan laku, terlalu murah sudah pasti akan rugi.

Untuk itu, tips kedua yang harus Anda lakukan untuk menjamin bisnis tanpa modal yang berhasil adalah menentukan harga yang tepat bagi setiap produk yang Anda jual.

Secara teori, idealnya profit yang Anda ambil dari sebuah produk adalah 20% dari harga pokok penjualan. Tetapi Anda tidak bisa menerapkan teori ini secara buta begitu saja. Anda juga harus mempertimbangkan harga yang dipatok para penjual lain di pasaran sehingga Anda tidak memasang harga dengan rentang terlalu jauh dari mereka.

Memang benar, ada beberapa penjual besar yang mematok harga dengan sangat rendah karena mereka membeli secara grosir dan menjual secara eceran. Namun Anda tidak harus memasang harga serendah itu. Anda bisa saja mengambil kisaran harga yang paling wajar, dan menggunakan permainan angka dan diskon.

Misalnya, harga terendah sebuah barang adalah 10 ribu dan tertinggi adalah 15 ribu. Anda bisa menjual dengan kisaran harga 12.450 hingga 13.550. Atau menjualnya dengan harga 14 ribu dengan potongan harga 10%. 

 

  • Pengelolaan keuangan yang professional 

keuangan

Tips selanjutnya agar bisnis tanpa modal Anda terjamin sukses adalah dengan konsisten mengelola keuangan Anda dengan professional.

Yang sering terjadi pada para pemula di dunia bisnis Indonesia adalah, setelah merasa bisnis tanpa modal Anda berhasil berjalan dan memberikan keuntungan yang signifikan, Anda kemudian mulai terlena dalam pengelolaan keuangan dan mulai menggunakannya untuk hal-hal yang kurang penting, atau bahkan untuk kebutuhan pribadi.

Stop right now! Jika Anda merasa melakukannya, berhentilah sekarang juga.

Perlu diingat bahwa perjalanan menuju kesuksesan adalah perjalanan yang panjang dan tidak terduga. Karena itulah, ketika Anda masih dalam fase pemula dan merintis seperti sekarang ini, Anda wajib berhati-hati dan menjaga pengelolaan keuangan Anda dengan professional.

Gunakan profit yang Anda dapatkan untuk menutup semua cost yang Anda keluarkan terlebih dahulu. Kemudian, Anda dapat memilah-milah barang mana yang kira-kira sedang laris dan dibanjiri orderan, dan tambahkan inventory barang tersebut. Kemudian, sisakan sedikit dana untuk digunakan sebagai dana promosi seperti iklan berbayar dan pembuatan brosur. Barulah Anda boleh menyimpan sisa profit yang Anda dapatkan untuk disimpan atau digunakan untuk keperluan yang penting.

Ingatlah untuk mengatur keuangan bisnis Anda dengan baik dan jangan pernah mengeluarkan dana untuk hal-hal yang belum pasti. Fokuslah dalam pengembangan bisnis Anda dan gunakan net profit Anda untuk terus ekspansi produk dan melakukan promosi.

 

  • Pelayanan pelanggan yang komunikatif, cepat, dan tepat

bisnis tanpa modal cepat

Salah satu tips yang paling krusial dalam dunia bisnis tanpa modal adalah pelayanan pelanggan. Ketika Anda sudah tidak perlu pusing memikirkan dana modal dan proses pengiriman barang, satu aspek penting yang harus Anda fokuskan adalah pelanggan Anda.

Perlu diketahui bahwa harga yang murah berfungsi hanya sebagai penarik minat awal pelanggan untuk mengunjungi toko online Anda. Tetapi keputusan apakah mereka akan membeli dari Anda atau tidak, sepenuhnya ditentukan oleh bagaimana Anda melayani calon pembeli Anda tersebut.

Tidak akan ada konsumen yang mau membeli dari penjual yang memberikan respon jutek dan memberikan kesan tidak membutuhkan mereka walaupun harga yang ditawarkan sangat murah.

Konsumen akan lebih memilih penjual yang melayani mereka dengan ramah dan bisa menjelaskan tentang informasi produk yang dijual, serta bersedia memberikan konsultasi ketika mereka mengalami kebingungan, walaupun produk yang dijual sedikit lebih mahal.

Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan respon yang cepat dan tepat, serta pelayanan yang informatif dan komunikatif bagi pelanggan Anda sehingga bisnis tanpa modal Anda dapat semakin digandrungi banyak orang.

 

  • Terus kreatif dan inovatif

bisnis tanpa modal kreativ dan inovatif

Salah satu kunci bisnis tanpa modal yang sukses adalah untuk terus kreatif dan berinovasi dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan produk Anda, misalnya dengan menyediakan paket-paket menarik. Serta memberikan inovasi baik dalam proses pengerjaan bisnis yang Anda lakukan, maupun jenis produk yang Anda tawarkan.

Misalnya saja, jika Anda berjualan perlengkapan bayi dan anak, Anda bisa menyediakan paket-paket menarik seperti paket newborn yang berisi produk kelengkapan bayi baru lahir, paket toddler yang berisi produk yang dibutuhkan batita, serta paket gift bagi konsumen yang ingin membeli hadiah untuk kerabatnya.

Di samping itu, Anda juga dapat berinovasi dan memanfaatkan teknologi otomisasi yang sudah banyak tersedia untuk memudahkan proses bisnis tanpa modal Anda seperti fitur asisten toko di marketplace dan WhatsApp business, serta aplikasi keyboard otomatis untuk penjual seperti Selly. 

 

  • Selalu up-to-date dengan tren bisnis masa kini

bisnis tanpa modal up to date

Kunci terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah untuk selalu update dengan tren bisnis masa kini. Jangan sampai ketinggalan dan terus menjual barang-barang yang sama sehingga bisnis tanpa modal Anda akan tampak usang dan kuno.

Sebaliknya, teruslah berkembang dengan informasi dan zaman, dan carilah peluang bisnis dari tren yang sedang hits saat ini, kemudian kombinasikan dengan niche produk yang Anda jual. Misalnya, tren film seperti Frozen dan Mulan dapat Anda manfaatkan pada bisnis perlengkapan bayi dan anak untuk menjual produk-produk dengan tema tersebut.

Semua tren dapat Anda manfaatkan jika Anda dapat melakukan inovasi dengan cerdas. Sebuah toko parfum online bahkan membuat kemasan parfum ruangan dengan bergambar tokoh-tokoh populer di drama Korea, dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan produk parfumnya yang lain. Apakah itu laku? Tentu saja! Penggemar drama Korea tentu saja akan dengan senang hati memilih jenis parfum dengan kemasan tokoh favorit mereka.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran tentang apa yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan peluang bisnis Anda?

Lihat juga : bisnis modal kecil

Bisnis tanpa modal memang bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi melakukannya dengan asal-asalan tanpa konsistensi dan improvement tidak akan menjamin ide bisnis Anda akan berakhir dengan kesuksesan.

Untuk itu, Anda harus bersedia untuk melakukan usaha dan pengembangan dalam kemampuan dan proses bisnis yang Anda lakukan. Dengan begitu peluang bisnis yang menjanjikan dapat Anda raih dengan pasti.

Ingatlah bahwa kesuksesan membutuhkan proses. Sedangkan proses membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Salam sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *