Bisnis Waralaba Menjamur ,Kok Bisa Ya?

Bisnis franchise Indonesia di mana-mana ya, sekarang? Hanya menapakkan beberapa langkah saja, maka satu per satu booth atau kedai bisnis franchise sudah tempampang nyata menyambut Anda dengan neon box super silau dan gimmick-gimmick penuh drama.

Memang benar, bisnis franchise atau bisnis waralaba menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjamur dan digemari. Harapan untuk dapat memiliki kebebasan finansial adalah satu satu alasan banyaknya peminat pada ide bisnis ini kian menjamur, baik sebagai franchisor maupun franchisee.

Jadi, apa sih penyebab menjamurnya bisnis ini? Mengapa semakin banyak orang yang memutuskan untuk bergabung dengan bisnis waralaba?

Ada 5 alasan utama mengapa bisnis waralaba sangat diminati oleh pelaku bisnis zaman sekarang :

 

  • Sudah memiliki sistem dan rencana bisnis yang matang

bisnis online

Banyak pebisnis pemula yang akhirnya gagal di tengah jalan akibat dari rencana dan sistem bisnis yang tidak dipersiapkan sebelumnya, sehingga mereka tidak dapat mengantisipasi maupun menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan baik.

Nah, alasan pertama mengapa bisnis waralaba menjadi pilihan utama bagi pelaku bisnis pada zaman sekarang adalah karena bisnis waralaba sudah memiliki sistem dan manajemen bisnis yang matang. Ide dan penamaan bisnis waralaba telah melewati proses analisa dan uji coba berkali-kali sebelumnya sebelum akhirnya menghasilkan hasil akhir yang memiliki selling point yang tinggi, sehingga pelaku bisnis hanya tinggal menjalankannya saja.

Tidak perlu lagi Anda membuang waktu untuk memikirkan desain logo ataupun membuat menu. Anda tinggal membeli paketan yang Anda inginkan, mengikuti pelatihan, dan Anda siap mulai kapan saja Anda inginkan.

 

  • Tidak perlu branding

nasi kulit ayam dewa

Jika Anda memulai bisnis Anda sendiri, Anda harus membangun reputasi bisnis Anda agar masyarakat dapat mengenal produk yang Anda jual. Dan ini membutuhkan proses yang lama dan usaha yang konsisten dan berat di setiap harinya.

Sedangkan bisnis waralaba memiliki brand atau merk bisnis yang pada umumnya sudah dikenal oleh masyarakat. Sehingga dengan memilih ide bisnis waralaba, Anda tidak perlu lagi membangun brand awareness dan dapat fokus untuk mengurus manajemen keuangan harian bisnis Anda.

 

  • Dapat segera dimulai

kopi janji jiwa

Banyak pelaku bisnis yang berkutat pada bagaimana mempersiapkan bisnis mereka. Hal ini menghabiskan banyak waktu yang akan terus menunda Anda untuk mulai menjalankan bisnis Anda.

Namun ketika bergabung dengan bisnis waralaba, Anda akan dibekali oleh alat, bahan, dan pengetahuan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Anda tidak perlu lagi repot-repot dengan langkah persiapan bisnis dan langsung mulai menjalakan bisnis Anda.

 

  • Memiliki layanan dukungan dan sarana pelatihan yang memadai

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus memahami dan memastikan agar sistem bisnis berjalan sesuai dengan standar operasi dan manajemen yang ditentukan. 

Dengan bergabung bersama bisnis waralaba, sebagai franchisee Anda akan mendapatkan pelatihan khusus dari pihak penyedia bisnis waralaba (atau biasa disebut dengan franchisor) yang pada umumnya meliputi sistem operasional dan teknis, serta manajemen keuangan dan cara mempekerjakan karyawan dengan baik.

Anda juga akan memiliki support system dari pihak penyedia bisnis waralaba yang dapat Anda andalkan ketika Anda mengalami kesulitan. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir ketika Anda mengalami kendala dalam bisnis franchise Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan pihak franchisor untuk bersama-sama menemukan solusi pada masalah Anda. Karena bagaimanapun juga, kesuksesan franchisor akan sangat tergantung dengna kesuksesan franchisee mereka.

 

  • Potensi sukses dan keuntungan yang lebih besar

bisnis waralaba

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang sudah memiliki pengalaman, serta brand yang sudah dikenal masyarakat. Segala jenis macam promosi untuk membangun reputasi bisnis sudah dilakukan oleh penyedia bisnis franchise untuk memastikan bahwa sebagai franchisee, Anda dapat segera meraup keuntungan dengan lebih cepat.

Selain itu, kalkulasi untung-rugi juga sudah dilakukan dan diuji oleh pihak franchisor. Oleh sebab itu, dengan ketekunan dan konsistensi dalam menjalani bisnis waralaba, potensi sukses Anda akan jauh lebih terjamin dengan persentase mencapai 70 persen, dibandingkan dengan merintis bisnis mandiri yang memiliki persentase keberhasilan di bawah 60 persen.

Dengan segala keuntungan yang ditawarkan di atas, tidak heran jika bisnis waralaba menjamur dan menarik banyak sekali peminat. 

Bisnis waralaba memberikan kesempata peluang bisnis tanpa harus terpapar potensi kegagalan seperti yang terjadi pada para bisnis pemula. Oleh sebab itu, apabila Anda mencari peluang bisnis yang menjanjikan dengan potensi kesuksesan yang lebih besar, bisnis franchise atau bisnis waralaba akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *