Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Jika Anda merupakan seorang pemula dalam dunia bisnis, Anda mungkin merasa was-was dan khawatir untuk memulainya.

Ini merupakan hal yang wajar. Apalagi ketika Anda menyadari bahwa Anda sama sekali tidak memiliki latar belakang dalam dunia bisnis maupun keuangan.

Namun tenang saja. Berbisnis dimulai dari tekad yang kuat, usaha yang tekun, dan langkah pertama. Bagi pemula seperti Anda, Anda dapat memulai pengalaman berbisnis Anda melalui bisnis online, yang dianggap lebih mudah dengan risiko yang jauh lebih kecil dibandingkan ide bisnis lainnya.

Jadi, bagaimana sih cara memulai bisnis online bagi pemula seperti Anda?

Silakan simak cara memulai bisnis online yang sederhana di bawah ini :

 

  • Memilih ide bisnis online yang ingin Anda geluti

kerja freelance

Cara memulai bisnis online paling efektif adalah dengan memilih ide bisnis yang ingin Anda geluti. Hal ini bisa Anda mulai dengan mencari kira-kira masalah apa yang sekarang sedang terjadi di masyarakat dan mengambil kesempatan untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Anda bisa melakukan riset kecil dengan membaca berita dan mengikuti forum-forum untuk mengetahui masalah apa yang paling banyak dibahas.

Sebagai contoh misalnya, belakangan ini banyak muncul masalah parenting di mana para orang tua baru merasa kesulitan menyiapkan makanan untuk anak-anak mereka karena kesibukan yang harus mereka jalani setiap hari.

Nah, kemudian Anda dapat memilih ide bisnis online yang dapat menawarkan solusi terhadap masalah tersebut. Apabila masalah yang ditemukan seperti di atas, Anda bisa saja memilih untuk berjualan snack khusus untuk anak-anak, atau bumbu homemade racikan yang aman bagi anak-anak. 

“Tapi kalau saya tidak bisa masak bagaimana?”

Anda tidak harus membuat sendiri produk dagangan Anda karena sebenarnya sudah banyak sekali produsen-produsen yang menjual produk serupa di luar sana. Anda hanya perlu mencari produsen yang tepat, dan Anda dapat menjual kembali produk mereka.

Jangan pernah menutup potensi peluang bisnis dari masalah apapun yang Anda temukan. Mungkin memang terlihat sederhana, namun langkah pertama dalam cara memulai bisnis online selalu berawal dari hal-hal sederhana seperti ini.

 

  • Mencari supplier

jual beli

Setelah menemukan peluang bisnis online yang ingin Anda geluti, langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis online adalah mencari supplier yang sesuai.

Langkah ini merupakan langkah yang sedikit sulit dan tricky. Hal ini karena banyak sekali orang yang menjual produk serupa sehingga Anda mungkin tidak tahu mana yang merupakan distributor tangan pertama, maupun produsen langsung dari produk tersebut. Dan ini tentu saja akan memengaruhi pricing atau kalkulasi harga yang harus Anda tawarkan ke konsumen.

Tapi sebagai pemula, Anda tidak harus bersikeras menemukan produsen langsung dari produk yang ingin Anda jual. Anda cukup mencari tahu berapa kisaran harga produk tersebut pada konsumen dan mencari supplier yang bersedia menjual produk pada Anda dengan harga reseller, maupun sistem komisi.

Lebih baik lagi apabila Anda bisa menemukan supplier yang menyediakan sistem dropship. Hal ini akan lebih memudahkan Anda karena Anda tidak perlu menimbun stok terlebih dahulu. Selain itu, karena supplier lah yang akan langsung mengirimkan produk ke alamat konsumen Anda, maka Anda tidak perlu menghitung biaya pengiriman barang dari supplier ke alamat Anda. Dan ini jelas akan mengurangi biaya beban usaha Anda.

 

  • Membuka toko online

bisnis online

Setelah Anda menemukan supplier yang cocok, langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis online adalah membuka toko online Anda. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan dalam membuka toko online, mulai dari website, media sosial, serta online marketplace. Namun karena Anda masih pemula, Anda cukup memulai dari media sosial dan online marketplace.

Media sosial seperti Facebook dan Instagram merupakan media terbaik untuk merintis toko online Anda. Hal ini karena Anda tidak dibebankan dengan syarat-syarat apapun untuk membuka akun selain e-mail dan nomor ponsel. Buatlah akun Facebook dan Instagram yang terintegrasi sehingga Anda cukup melakukan sekali posting yang akan muncul di halaman akun Anda pada kedua platform tersebut.

Anda juga dapat memanfaatkan online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak, di mana Anda dapat mendaftarkan diri sebagai penjual dan memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan website-website tersebut seperti diskon khusus dan promo gratis ongkos kirim, yang pasti akan menarik minat calon pembeli Anda.

 

  • Melakukan Promosi

bisnis online

Nah, inilah langkah terpenting dalam cara memulai bisnis online. Jika Anda merupakan seorang pebisnis pemula, Anda tidak boleh bersikap pasif dalam usaha untuk mengembangkan peluang bisnis Anda. Anda harus terus aktif, terutama dalam hal promosi untuk mengumpulkan lebih banyak peminat dan menarik calon pembeli.

Lakukan promosi di prime hours atau jam-jam penting seperti: 08.00 – 10.00, 12.00 – 14.00, 16.00 – 18.00, dan 20.00 – 22.00 di saat banyak orang dianggap paling sering memainkan ponsel dan memeriksa media sosial mereka. Berikan nama dan nomor kontak lengkap yang bisa dihubungi dalam setiap postingan Anda sehingga calon pembeli bisa langsung menghubungi Anda ketika mereka tertarik.

Berikan promosi semenarik mungkin dan jangan lupa sisipkan beberapa kupon potongan harga karena, well, siapa sih yang tidak tergiur dengan diskon?

 

  • Berikan Servis terbaik

Langkah terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam cara memulai bisnis online adalah untuk selalu memberikan servis terbaik pada konsumen Anda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan selalu siap siaga sehingga Anda dapat memberikan respon cepat saat konsumen Anda menghubungi Anda.

Memang benar, akan ada banyak tipe konsumen berbeda yang Anda temui. Beberapa mungkin akan bertanya dengan baik-baik, namun pasti ada banyak konsumen yang nyolot atau bossy atau bahkan memberikan permintaan yang tidak masuk akal seperti: “Saya beli 4, nih! Diskon 50% ya!” Atau “Saya baru bisa transfer besok tapi tolong barangnya dikirim hari ini ya?” yang pasti akan membuat anda tepok jidat atau bahkan jengkel.

Namun bersabarlah. Selama Anda dalam fase pemula yang masih merintis bisnis Anda, Anda harus mengambil semua peluang yang ada. Usahakan untuk bersabar dan tetap menjawab pertanyaan customer Anda dengan ramah. Bahkan ketika tidak memungkinkan bagi Anda untuk mengabulkan permintaan tersebut, sampaikan baik-baik bahwa itu tidak bisa dilakukan.

Servis yang ramah dan respon yang cepat akan menjadi salah satu nilai plus yang membuat konsumen akan kembali memesan pada Anda. Apalagi jika Anda juga mampu memberikan jasa konsultasi ketika calon pembeli Anda bingung memilih produk Anda, ini akan membuat konsumen Anda betah dan pastinya kembali membeli dari Anda.

Ada banyak sekali step yang bisa Anda lakukan dalam cara memulai bisnis online. Namun 5 step di atas adalah langkah-langkah sederhana yang bisa Anda selesaikan dengan mudah sebagai seorang pemula dalam dunia bisnis.

Kunci yang tidak boleh Anda lupakan supaya bisnis online Anda sukses dan berjaya adalah ketekunan dan konsistensi. Lakukan promosi setiap hari bahkan ketika Anda tidak menerima satu order pun dalam hari itu.

Memang sepertinya melelahkan. Tapi ingat, bisnis Anda masih baru. Mungkin belum banyak orang yang tahu mengenai toko online Anda, atau mereka belum menemukan produk yang menarik. Karena itulah, usahakan untuk selalu posting beberapa produk dalam setiap harinya. Siapa tahu salah satu produk Anda dapat menjangkau minat calon pembeli sehingga mereka tertarik dan menghubungi Anda.

Selamat mencoba dan jangan menyerah! Anda pasti bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *