Franchise Kopi Janji Jiwa: Kopi Kekinian Penuh Inovasi dan Drama

janji jiwa

“Kopi dari hati” Adalah slogan franchise kopi Janji Jiwa yang berhasil membuat masyarakat jatuh cinta. Franchise kopi terlaris yang satu ini boleh saja baru seumur jagung, tetapi pengaruh yang diberikan begitu kuat sehingga berhasil mendirikan hingga 700 outlet cabang dalam waktu singkat.

Memang, beberapa tahun ini tren kopi kekinian di Indonesia tiba-tiba beralih dari kopi fancy dengan harga selangit ke kopi susu gula aren dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini kemudian membuat PT Luna Boga Narayan, atau lebih dikenal dengan Lunara Brands kemudian memutuskan untuk membuka bisnis franchise kopi kekinian setelah sukses dengan dua brand mereka sebelumnya: Think Thai Tea dan Go Mango.

Tapi tahukah Anda? Franchise kopi terlaris ini memiliki banyak sekali detil cerita menarik di balik gemerlap pestasinya, lho! Dan ini bisa kita pelajari untuk kemudian menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua.

Siapa tahu, setelah membaca cerita di balik bisnis franchise kopi kekinian ini, Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk membangun usaha franchise kopi kekinian Anda sendiri! 

Yuk, simak pembahasan kami mengenai franchise kopi Janji Jiwa di bawah ini!

Sejarah Franchise Kopi Janji Jiwa

Franchise kopi Janji Jiwa didirikan pertama kali oleh pemilik PT Luna Boga Narayan – Lunara Brands, Billy Kurniawan, pada tahun 2018 di ITC Kuningan. Nama ‘Janji Jiwa’ disebutkan berasal dari passion awal pemilik bisnis franchise kopi terlaris ini dalam dunia kopi. Karena itulah franchise ini merupakan sebuah usaha untuk mewujudkan janji dari hati yang terdalam si pemilik dengan menyajikan berbagai minuman kopi yang sudah menjadi passionnya tersebut.

Itulah juga mengapa Janji Jiwa mengangkat slogan ‘kopi dari hati’. Karena setiap cangkir kopi yang disajikan oleh bisnis franchise kopi ini mewakili janji dari hati si pemilik, baik bagi pelanggan maupun dirinya sendiri.

Di Balik Slogan dan Gimmick Yang Penuh Drama dan Makna

Franchise kopi Janji Jiwa memang terkenal dengan berbagai gimmick mereka yang membuat para pelanggannya baper. Mulai dari nama brand itu sendiri, slogan, bahkan cara mereka menyapa para pelanggan dengan nama ‘Teman Sejiwa’ berhasil membuat masyarakat jatuh cinta pada franchise kopi terlaris ini.

Dan itulah memang tujuan Billy Kurniawan.

Pada sebuah wawancara dengan salah satu tim media nasional Indonesia, Billy menyebutkan bahwa ia membuat kata-katanya itu dengan tujuan awal untuk menunjukkan bahwa tim Janji Jiwa berjanji akan memberikan kopi dan minuman yang terbaik bagi para pelanggan mereka.

Selain itu, slogan dan kalimat tersebut juga menguatkan kesan kedekatan dengan para pelanggan mereka. Para pelanggan ini mereka sebut sebagai ‘Teman Sejiwa’, sebuah istilah yang datang dari para anggota tim Janji Jiwa yang sebagian besar masih berusia muda.

Produk Milik Franchise Kopi Janji Jiwa

Berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam dunia kopi dan minuman kekinian, Lunara Brands menyajikan berbagai produk  dengan berbagai macam pilihan kopi lokal asli Indonesia dengan konsep fresh cup coffee, yang berarti semua minuman akan dibuat setelah pembeli melakukan pemesanan, yang kemudian langsung dituang ke cup dan disegel rapat. Sehingga, kopi yang dihasilkan fresh dan masih baru.

Jenis biji kopi yang digunakan oleh franchise kopi kekinian ini adalah biji kopi Robusta yang berasal dari Sumatera. Biji kopi jenis ini memang memiliki cita rasa yang sedikit lebih kuat dan kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi Arabika. Tetapi menurut Billi Kurniawan, inilah yang menjadi salah satu daya tarik biji kopi Robusta. Di samping itu, kopi jenis Robusta lebih cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam komponen dengan berbagai kombinasi seperti krim, susu, dan bahkan gula aren.

Janji Jiwa selalu melakukan inovasi pada produk mereka. Billi Kurniawan selaku pemilik franchise kopi kekinian ini bahkan menyebutkan bahwa mereka selalu berusaha untuk melakukan inovasi produk setiap tiga bulan untuk tetap dinamis. 

Sebagai contoh, Janji Jiwa telah menciptakan menu kopi dan non-kopi dengan berbagai varian dan kombinasi seperti Es Kopi Pokat (alpukat), Es Susu Matcha, Es Susu Hojicha, Es Coco Latte (Santan Sasa), hingga mengkombinasikan kopi, susu, dan pandan dalam Pandan Series mereka.

Wah, menarik, ya!

Hingga saat ini, produk milik franchise kopi Janji Jiwa yang menjadi best seller adalah Es Kopi Susu, Es Soklat, dan Es Kopi Susu Brown Sugar.

Konsep Bisnis Franchise kopi Janji Jiwa

Sementara itu, untuk konsep packaging dan outlet, Janji Jiwa mengadopsi sistem grab-and-go. Hal ini berarti bahwa tujuan utama konsep franchise kopi kekinian ini adalah menyediakan kopi yang praktis untuk dibawa kemana-mana, sehingga pelanggan dapat meminumnya sambil menjalankan aktivitas mereka sehari-hari.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, Janji Jiwa akhirnya juga menyediakan tempat nongkrong bagi para pelanggannya di beberapa outlet yang memiliki space yang cukup. Ini merupakan salah satu inovasi bisnis franchise kopi terlaris ini setelah selama ini mereka mempertahankan konsep grab-and-go mereka dengan outlet-outlet sederhana.

Fokus Pasar Franchise kopi Janji Jiwa

Apabila melihat konsep awal bisnis franchise kopi Janji Jiwa, mungkin sebenarnya Anda sudah dapat iseng mengamil gambaran mengenai fokus pasar bisnis franchise kopi kekinian yang satu ini.

Yes, betul sekali! Dengan desain tempat yang klasik dan simple, serta berbagai istilah yang membuat baper, franchise kopi Janji Jiwa bertujuan untuk mengambil hati para generasi muda kekinian zaman now yang lebih tertarik dengan berbagai produk yang praktis, namun tetap penuh makna.

Selain itu, dengan konsep fresh cup dan grab-and-go, Janji Jiwa memberikan fasilitas “drive thru”—atau ride/walk thru—kopi bagi anak-anak muda sibuk yang membutuhkan asupan kafein praktis di tengah-tengah aktivitas mereka yang padat.

Namun seiring berkembangnya bisnis franchise kekinian ini, Janji Jiwa berhasil merebut hati tidak hanya kalangan muda, namun juga dewasa, bahkan para orang tua yang masih menggandrungi minuman kopi. Berbagai menu unik milik Janji Jiwa seringkali membuat banyak orang penasaran sehingga mereka ingin mencobanya.

Peraih Rekor MURI

Franchise kopi Janji Jiwa memiliki jumlah penggemar yang tidak terhitung sehingga perkembangan bisnis franchise yang satu ini tergolong luar biasa cepat.

Bagaimana tidak? Hanya dalam waktu kurang lebih 1,5 tahun, Janji Jiwa berhasil mendirikan hingga 700 outlet yang tersebar di 50 kota di Indonesia. 

Inilah yang kemudian membuat Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan bagi franchise kopi Janji Jiwa dengan rekor “Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat dalam Satu Tahun”.

Luar biasa, bukan?

Membangun sebuah bisnis bukan hanya dibutuhkan modal dana dan usaha, tetapi juga daya kreativitas tinggi yang akan membuat bisnis Anda berbeda dibandingkan bisnis yang lainnya. Franchise kopi Janji Jiwa berhasil melakukan hal itu sembari tetap memenuhi keinginan pasar akan kebutuhan kopi yang enak dan praktis. Hal ini lah yang membuat bisnis franchise kopi kekinian ini tetap stand out di tengah maraknya kompetisi bisnis franchise kopi kekinian di bisnis Indonesia.

 

Jadi bagi Anda yang selama ini bertanya-tanya, “Kenapa sih bisnis franchise kopi yang satu ini kok rame banget?”, semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran Anda terkait franchise kopi terlaris ini.

Dan apabila Anda ingin melakukan kolaborasi dengan franchise kopi Janji Jiwa, Anda dapat menghubungi tim manajemen Lunara Brands di Jl. Kedoya Raya Utara No.2, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11520, atau mengirim email ke markom@lunarabrands.com.

Sedangkan bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai mitra produk Lunara Brands baik Think Thai, Go Mango, Janji Jiwa, atau bahkan produk terbaru mereka, Jiwa Toast, Anda dapat langsung mengunjungi website Lunara Brands di www.lunarabrands.com dan mengisi form di https://www.lunarabrands.com/contactus

Nah, tunggu apa lagi? Wujudkanlah ‘janji dari hati’ milik Anda sendiri.

Semoga artikel ini menginspirasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *