Franchise Kopi Kulo: Sukses Berkat Ide Bisnis Gila

franchise kopi kulo

Tahun hingga tahun berganti. Sepertinya dunia bisnis Indonesia sudah diterpa angin dan badai tren ide bisnis yang beragam dan selalu berganti. Namun tetap saja ya, ada satu jenis ide bisnis yang bukannya mulai meredup, malah semakin bersinar dengan berbagai peluang bisnis baru setiap tahunnya.

Yes, betul sekali! Bisnis kopi.

Well, mungkin lebih tepatnya bisnis franchise kopi kekinian.

Ide bisnis kopi memang sangat menarik bagi kalangan anak muda milenial, sehingga hanya dengan sedikit perubahan unik, maka bisnis franchise kopi kekinian Anda akan langsung diserbu banyak peminat.

Buktinya? Franchise kopi kulo. Pada bulan Mei 2018, hanya dalam 5 bulan saja sejak pertama kali diluncurkan, franchise kopi terlaris yang satu ini sudah berhasil membuka belasan cabang baru.

Wow! Kok bisa ya?

Yuk, kita tilik cerita di balik kesuksesan bisnis franchise kopi yang satu ini.

Berawal Dari Ide bisnis ‘Gila’

Franchise kopi kulo pertama kali didirikan pada bulan Desember 2017 oleh Clement Mathias dan Elsheca Herrera, bersama dua rekan bisnis lainnya. Nama franchise kopi terlaris yang satu ini sebenarnya bermakna sangat sederhana.

Dalam bahasa Jawa halus, kata “kulo” memiliki arti “saya”. Franchise kopi kulo menggunakan nama ini sebagai cara untuk menyampaikan bahwa ini franchise kopi kulo memiliki arti ‘kopi saya’.

“Ini kopi kulo. Ini kopi saya,” Elsheca Herrera sempat menjelaskan dengan singkat dalam sebuah wawancara melalui platform Youtube.

Franchise kopi kulo berawal dari sebuah kedai kopi yang dibuka atas dasar ide bisnis gila para pemiliknya. Ide bisnis gila inilah yang kemudian mereka kembangkan untuk menjadi menu unik yang hanya dimiliki oleh franchise kopi terlaris ini.

Salah satu ide bisnis gila yang dikembangkan oleh para pemiliknya adalah dengan mengkombinasikan jus alpukat dengan satu shot espresso, kemudian dipadukan dengan pilihan es krim float dengan rasa cokelat atau vanilla. Kombinasi ini populer kemudian dipopulerkan ke kalangan pecinta kopi dengan nama Avocatto. 

Memang, menu unik yang satu ini mungkin sudah sering ditemukan pada kedai kopi mancanegara, tetapi dalam dunia bisnis Indonesia, franchise kopi kulo lah yang bejasa untuk mengangkat kepopuleran menu yang satu ini ke kalangan masyarakat pecinta kopi Indonesia.

Setelah ide bisnis gila pertama mereka berhasil, para founder kedai kopi Kulo tidak berhenti sampai di situ saja. Mereka segera meluncurkan ide bisnis gila selanjutnya dengan menyajikan menu kopi dengan kombinasi keju.

Memang, menurut Clement Mathias, ide menu yang satu ini cukup ‘gila’ karena banyak orang yang skeptis, bahkan meringis saat mendengar kombinasi kopi dan keju.

Tetapi dalam sebuah wawancara dengan media nasional, Clement menyebutkan bahwa justru itulah yang diandalkan oleh franchise kopi kulo. Pada dasarnya mereka justru mencari ide bisnis gila yang orang tidak pernah bayangkan akan bisa dikombinasikan dengan kopi. Dan itulah yang akan dijadikan dasar dari ide bisnis yang dijalankan franchise kopi kulo.

Mulanya Hanya Kedai Kopi Biasa

Kopi Kulo pertama kali didirikan pada bulan Desember 2017 dalam bentuk kedai kopi biasa. Elsheca Herrera menyebutkan dalam sebuah wawancara bahwa pada saat itu belum terpikirkan olehnya dan para rekan founder apakah kedai kopi mereka ini akan dikembangkan dengan sistem bisnis franchise.

Namun kemudian dengan seiring berjalannya waktu, bisnis kedai kopi mereka semakin berkembang. Bagaimana tidak? Pada mulanya memang bisnis franchise kopi kulo dimulai dengan pembukaan kedai kopi dengan konsep grab and go atau coffee to go yang berarti setiap minuman kopi disajikan untuk dinikmati di jalan atau sebagai teman di tengah kesibukan para pelanggan. Karena itulah, kedai yang mereka siapkan juga lebih kecil dan sederhana.

Siapa sangka? Begitu kopi Kulo bergabung sebagai mitra Gojek, kedai kopi yang kecil dan sederhana itu langsung dibanjiri pesanan. Bahkan, para pengemudi Gojek seringkali melayangkan komplain ke pemilik karena mereka harus berbaris dalam antrian super panjang dan menunggu paling tidak selama 30 menit hingga satu jam untuk mendapatkan pesanan mereka.

Inilah yang kemudian menginspirasi para founder untuk melebarkan sayap bisnis mereka menjadi franchise kopi kulo. Toh, pada dasarnya memang sebagian besar pesanan franchise kopi kulo, kira-kira sebanyak 70 hingga 80 persen, dibuat melalui transaksi online melalui GoFood.

Akhirnya, peluang bisnis franchise kopi kulo dibuka bagi masyarakat. Hingga saat ini, franchise kopi kulo menjadi salah satu bisnis franchise kopi terlaris, bersama dengan beberapa merk franchise kopi lainnya seperti franchise Janji Jiwa dan franchise kopi Soe.

Promosi Utama Melalui Media Sosial

Untuk media promosi, franchise kopi kulo tidak melakukan effort yang terlalu membuat mereka kerepotan. Clement mengaku bahwa kedai kopi Kulo sebagian besar mengandalkan promosi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan terutama Instagram.

Selebihnya, kopi Kulo mengandalkan promo melalui kemitraan GoFood dan promosi review yang dilakukan para blogger dan social media influencer.

Tips Sukses Kopi Kulo

Dilansir dari sebuah wawancara di media sosial, Elsheca Herrera menyebutkan ada empat point penting yang menjadi kunci kesuksesan dalam meningkatkan peluang bisnis franchise kopi kulo:

 

  • Konsep yang Kuat

konsep

Elsheca Herrera mengatakan bahwa sebuah ide bisnis akan menjadi sukses dan berhasil ketika dilandasi konsep yang kuat, yang dapat membuat bisnis Anda berbeda dari yang lainnya. 

Bagaimana menemukan konsep kuat yang disukai banyak orang? Jawabannya adalah dengan riset yang detil dan professional.

 

  • Terus Belajar

belajar

Tips kedua yang disampaikan Elsheca Herrera adalah bahwa untuk membangun bisnis yang berhasil, maka Anda harus mau belajar dari para senior yang lebih dahulu sukses sebelum Anda.

Temukan bidang dan arah konsep yang ingin Anda tekuni, kemudian temukan siapa pendahulu yang telah sukses di bidang tersebut. Dan belajarlah sebanyak mungkin dari tokoh yang Anda pilih itu.

 

  • Sistem Franchise yang Win-Win

franchise kopi kulo

Elsheca Herrera juga menyebutkan bahwa berhasil sukses berkat sistem bisnis franchise yang sama menguntungkannya baik bagi pihak franchisor maupun pihak franchisee.

Dengan sistem bisnis franchise yang win-win, maka proses bisnis dapat berjalan dengan lebih lancer tanpa kendala yang menghambat perkembangan bisnis tersebut.

 

  • Pemanfaatan Teknologi

teknologi

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya dari Elsheca Herrera adalah untuk memanfaatkan teknologi demi memudahkan sistem dan manajemen bisnis franchise itu sendiri.

Seperti misalnya penggunaan sistem kasir online yang dapat diaplikasikan di seluruh cabang bisnis franchise, sehingga memudahkan baik franchisor dan franchisee untuk melakukan pemantauan dan laporan transaksi.

Itu dia sekilas informasi di balik kesuksesan bisnis franchise kopi kulo.

Ternyata memulai sebuah bisnis franchise dapat dilakukan berdasarkan ide bisnis gila yang bermanfaat, ya! Jadi, jangan ragu untuk mulai bereksperimen dari sekarang. Siapa tahu, ide bisnis gila hari ini mendatangkan kesuksesan kemudian, seperti yang dialami oleh franchise kopi kulo.

Tunjukkan ide bisnis gila Anda di komen, yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *