Game Bola PES 2020 Jauh Lebih Baik Dari Versi Sebelumnya

PES 2020 Resmi Dirilis! Ini Spesifikasi, Fitur & Harganya

 

Sudah sejak lama kita memahami bahwa dunia bola virtual lewat konsol next gen memang dikuasai oleh dua developer, yaitu Konami dengan Pro Evolution Soccer (PES) dan EA Developer dengan seri game FIFA. Nah, dalam beberapa tahun terakhir, PES kabarnya dianggap kalah saing dari kompetitornya itu. Tapi, apakah hal tersebut benar? Atau jangan-jangan hanya strategi marketing yang sengaja disebarluaskan untuk memberi berbagai opini kepada para penggunanya? Hmmm, pada ulasan kali ini kami akan membuktikan bahwa hal tersebut sangatlah tidak tepat. Sejak game bola PES 2020 diluncurkan pada 10 September 2019, kami sudah mencobanya dan merasakan bahwa seri game besutan Konami kali ini jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

Setidaknya untuk urusan visual sudah mampu ditampilkan dengan sangat memukau dan realistis. Tidak heran jika di awal peluncuran game ini para fans menaruh ekspektasi yang sangat tinggi. Beruntung ekspektasi tinggi tersebut mampu terjawab dengan kualitas yang disuguhkan lewat game PES 2020.

 

Optimalisasi Fox Engine untuk Menampilkan Detail yang Lebih Nyata

Sejak pertama kali digunakan untuk seri PES 2015, Fox Engine memang mampu menjadi mesin grafis yang memukau. Seiring dengan berjalannya waktu, di setiap perilisan edisi PES terbaru pihak Konami selaku developer juga selalu mengoptimalisasi Fox Engine mereka. Seperti yang terjadi pada game bola PES 2020 kali ini, grafis yang dihadirkan lewat dukungan mesin ini benar-benar bisa menampilkan detail wajah pemain yang nyata. Bahkan detail kecil seperti keringat yang mengucur sepanjang pertandingan juga bisa terlihat.

Engine milik Konami ini memang memiliki peran yang sangat besar dalam menghadirkan kualitas visual di dalam permainan. Wajah para pemain, khususnya para pemain bintang terlihat begitu realistis. Ekspresi yang keluar dari wajah mereka juga menunjukkan emosi yang begitu nyata. Seperti misalnya emosi luapan kegembiraan saat mencetak gol atau bahkan marah yang terlihat dari raut wajah saat mendapat tackle keras dari musuh. Ekspresi yang dihadirkan benar-benar tidak kaku seperti di seri-seri sebelumnya. 

Elemen lain dari game ini juga memiliki visual yang tidak kalah hebat. Sebut saja kondisi stadion dan penonton yang begitu dinamis. Rumput hijau yang terlihat lebih detail, bahkan saat kamera di zoom anda bisa melihat guratan yang cukup jelas dari setiap rumput yang dipijak oleh kaki para pemain. Semua itu dibalut dengan tekstur yang menjanjikan bahwa game ini memang patut dimainkan sebagai salah satu game bola terbaik saat ini.

Kondisi pencahayaan dari game bola PES 2020 juga terbilang menjadi yang terbaik. Efek cahaya dan bayangan benar-benar natural, tidak terlihat kaku ataupun seolah memaksakan bayangannya. Baik ketika anda bermain di siang ataupun malam hari, kondisi pencahayaan bisa benar-benar mengikuti waktunya. Unsur-unsur sinematik yang dihadirkan lewat penerangan lampu stadion di malam hari juga menambah nilai estetika dari game ini. Anda seolah sedang menyaksikan ajang pertandingan sepakbola dari tribun VIP secara langsung.

PES 2020 juga menambahkan efek physics dan animasi yang menakjubkan. Cutscene saat awal pemain memasuki lapangan pun terlihat sangat luar biasa. Pergerakan mereka dinamis, tidak repetitif, dan pastinya berbeda antara satu pemain dengan lainnya. Secara gameplay pun setiap gerakan sangat halus dan natural. Mulai dari cara pemain menggiring bola, berebut atau beradu fisik dengan lawan, melakukan tackle yang keras, hingga interaksi para pemain saat melakukan penyerangan. Ada yang kecewa saat tidak mendapat umpan hingga kesal ketika tendangan tidak berbuah gol atau justru berhasil ditepis kiper lawan. Variasi gerakan yang dihadirkan juga semakin lengkap, termasuk untuk mengontrol penjaga gawang.

Dalam game terbaru ini, dribbling dan passing menjadi lebih responsif, khususnya bagi anda yang menggunakan pemain dengan skill mumpuni, maka setiap sprint dan umpan yang dilakukan akan terlihat sangat indah. Oh ya, jangan lupakan juga baju efek baju yang ditarik saat anda sedang mendrible bola. Hal itu akan berdampak pada melambatnya gerakan pemain hingga efek tarikan baju yang terlihat nyata. Dan apabila anda terjatuh, maka baju sang pemain juga mulai terlihat kotor, sungguh realistis!

 

Cuaca yang Dinamis dan Mempengaruhi Jalannya Pertandingan

Ada peningkatan yang cukup signifikan untuk fitur Dynamic Weather dan hal ini patut diacungi jempol. Pasalnya lewat game bola PES 2020 ini kita bisa merasakan cuaca yang berubah seketika. Seperti misalnya ketika kita sedang bermain di cuaca yang cerah lalu tiba-tiba menuju akhir pertandingan cuaca berubah menjadi mendung dan turun hujan. Lapangan yang tadinya kering dan bola bisa meluncur dengan mudah kini mulai terhambat oleh genangan air. Efek hujan yang turun dan membasahi tubuh pemain juga terlihat realistis. Bahkan genangan air di lapangan akan semakin terlihat tinggi apabila curah hujan semakin deras dan waktu bermain masih lama.

Efek percikan air dari hujan akan terlihat mumpuni di beberapa kesempatan, seperti saat pemain berlari ataupun saat bola menggelinding memecah air yang menggenang. Hal baru lainnya ialah bagaimana anda menyesuaikan diri dengan cuaca yang ada. Alur bola akan terasa sedikit terhambat dengan hujan yang menggenangi lapangan. Setidaknya umpan-umpan pendek memerlukan strategi yang lebih jitu untuk memaksimalkan jalannya pertandingan dan meraih kemenangan.

 

Penerapan AI yang Semakin Cerdas dengan Pergerakan Dinamis

Salah satu hal paling penting dalam game sepakbola adalah tingkat kecerdasan AI. Tentu kita tidak ingin memiliki rekan satu tim yang tak mampu membuka peluang ataupun mencari tempat strategis untuk menerima bola. Hal itulah yang selalu diperbaiki oleh Konami hingga akhirnya di seri game bola PES 2020 terbaru ini anda akan menemukan AI dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dan pergerakan mereka juga sangat dinamis.

Di game ini, AI akan lebih baik dalam mengambil keputusan. Rekan satu tim anda memiliki inisiatif yang lebih tinggi untuk membuka ruang dan menjalankan peran masing-masing agar ritme permainan berjalan sesuai keinginan anda. Melalui strategi yang anda terapkan, anda bisa mengeksploitasi bek sayap kanan dan kiri untuk turut serta maju dan membantu serangan. Beberapa bek sayap dengan skill yang tinggi dan kecepatan berlari yang baik akan sangat membantu dan mengacak-acak pertahanan lawan. 

Dan yang tak kalah penting lagi lewat game bola PES 2020 anda juga akan menemui AI lawan yang jauh lebih cerdas. Mereka akan semakin sulit ditipu dengan trik murahan. Tidak ada lagi istilah umpan yang bisa mengecoh mereka dengan mudah. Kemanapun anda pergi, pergerakan AI lawan akan sangat dinamis untuk saling bergantian dan menjaga pergerakan anda maupun rekan lainnya. AI lawan di PES 2020 ini patut diapresiasi karena memiliki kemampuan untuk mengantisipasi strategi anda. Dengan level permainan yang tinggi maka anda dijamin akan kesulitan menyarangkan bola ke gawang lawan.

Sedangkan bagi anda yang tidak ingin melawan AI, anda juga bisa memanfaatkan fitur multiplayer untuk bermain secara online. Cukup tambahkan ID Game teman anda dan mainkan bersama-sama dengan klub andalan masing-masing. Rasakan sensasi bermain multiplayer dengan emosi dan atmosfer pertandingan yang nyata di game bola PES 2020.

 

Lisensi Resmi untuk Juventus yang Eksklusif Tersedia di PES 2020

Kabar yang satu ini pasti menjadi pukulan yang amat kuat bagi kompetitor. Untuk seri game bola PES 2020 terbaru, pihak Konami telah berhasil mendapatkan lisensi tunggal dari klub raksasa Serie A, Juventus. Segala hal terkait klub Juventus, mulai dari nama klub, emblem dan logo klub, jersey, Allianz Stadium, hingga para pemain nantinya akan resmi masuk ke PES 2020. Kini PES 2020 memegang lisensi tunggal untuk klub Juventus sehingga anda tidak akan menemui klub ini di game kompetitor. Hal inilah yang membuat pihak developer EA Sports cukup berkeringat dingin karena tidak bisa menambahkan para megabintang Juventus di sampul game mereka ataupun menggunakan nama klub tersebut di dalam permainan.

Eksklusifitas yang didapatkan oleh Konami ini tentu saja harus dibayar dengan harga yang cukup mahal. Namun jika melihat respon para penggemar, bisa dikatakan strategi ini sangat berhasil. Kini jutaan orang penggemar Juventus dan Ronaldo tahu harus memainkan seri game mana jika ingin melihat mereka beraksi di rumput hijau. Selain itu, pihak Konami juga diberi akses lebih mendalam untuk mengeksplor keseluruhan tim. Lewat pemindaian scan 3D seluruh tubuh maka game PES 2020 dipastikan hadir dengan tampilan pemain seakurat mungkin. Sehingga jangan heran jika Ronaldo versi PES ini terlihat jauh lebih memukau dibanding versi judul game kompetitor.

 

Fitur Image Importing untuk Mendukung Anda

Seperti yang kita ketahui bahwa lisensi yang dipegang oleh PES memang tidak selengkap kompetitor. Setidaknya sekarang ini lisensi sudah tersedia untuk 18 Liga yang bergabung secara resmi. Sedangkan untuk memudahkan pemain dalam mengedit kostum dan lain sebagainya bagi klub yang belum terdaftar lisensinya maka Konami menghadirkan fitur Image Importing yang lebih detail.

Anda bisa mengubah kostum atau jersey para pemain dan menambahkan gambar berupa logo ataupun tulisan. Dengan begitu setiap klub bisa diedit untuk membuatnya tampil lebih realistis. Setidaknya fitur ini membantu anda untuk membuat berbagai klub bisa tampil dengan jersey resminya. Inilah yang menjadi kelemahan dari PES sejak zaman dulu. Lisensi yang minim disebut-sebut menjadi permasalahan utama bagi mereka yang ingin merasakan sensasi bermain tanpa ribet. Namun bagi anda yang sudah terbiasa dengan game bola PES 2020 pasti juga sudah tidak keberatan dengan masalah ini.

Pasalnya selain menggunakan fitur Image Importing, anda juga masih bisa membeli jasa editing ini di beberapa forum game ps4. Mereka yang sudah melakukan editing ke hampir seluruh klub akan menyediakan jasa copy file yang memungkinkan anda melakukan editing itu hanya dengan satu langkah saja. Cukup tancapkan flashdisk atau hardisk dan ekstrak file-nya maka seluruh proses editing akan tertuang ke akun game anda dan para pemain bisa berlaga dengan klub resminya.

 

Matchday Mode untuk Pertandingan Paling Menarik Setiap Minggu

Ada fitur baru yang tidak biasa dihadirkan oleh Konami lewat game bola PES 2020 kali ini, yaitu Matchday Mode. Lewat fitur ini anda bisa mengetahui pertandingan akbar mana saja yang paling kompetitif selama satu minggu ini. Nantinya Matchday Mode akan terus diupdate dan diperbaharui setiap minggunya sehingga akan tersedia pilihan pertandingan paling menarik untuk dimainkan. Lewat pilihan itu nantinya anda bisa memilih lagi tim mana yang ingin dibela. 

Mode ini bekerja dengan sangat baik untuk melengkapi fitur online yang ada di game PES 2020. Setiap derby yang hadir tentu akan meningkatkan mood dan pengalaman bermain anda sehingga tidak membosankan. Apalagi jika yang bertanding adalah klub favorit, tentu saja anda ingin menjagokan mereka bukan?

 

Mode Master Liga sebagai Manajer dan Pelatih yang Membangun Tim

Untuk seri game bola PES 2020 kali ini, pihak Konami akan memaksimalkan pengalaman bermain anda sebagai seorang manajer yang membangun tim. Lewat mode master liga sebagai manajer ini semua akan ditampilkan dengan lebih detail. Mulai dari membentuk manajer, merancang strategi, mengatur keuangan klub, menentukan siapa yang akan bertanding, hingga lebih interaktif lagi saat pertandingan berlangsung. 

Sebagai manajer tentu anda tidak mau klub anda bangkrut ataupun berada di urutan papan bawah. Untuk itu di sini anda juga harus mengatur strategi dengan matang. Penambahan efek AI yang cerdas juga akan membangun atmosfer pertandingan lebih hidup. Anda tidak akan kesal lagi dengan penyerang yang seolah tidak tahu harus pergi kemana. Melainkan semua itu bisa anda saksikan dari kursi manajer dengan penuh aksi. 

Lewat mode Master Liga sebagai manajer ini anda juga harus bisa mengatur jalannya pertandingan dengan baik, khususnya saat baru merintis dan menggunakan klub kecil. Tentu tidak akan mudah memasang strategi agar para pemain bisa bertahan bermain optimal hingga akhir babak kedua. Sehingga anda tidak bisa semena-mena memforsir tenaga mereka dengan menerapkan pertandingan yang penuh sprint dan hanya fokus menyerang. Semua harus berimbang, sisi pertahanan, lini tengah yang padu untuk saling membantu penyerangan dan bertahan, hingga memposisikan striker terbaik di ujung mulut gawang lawan anda.

 

Kesimpulan untuk Game Bola PES 2020

Sejauh ini kami sudah mengamati bahwa update yang diberikan oleh Konami di seri game PES terbarunya ini merupakan salah satu yang terbaik. Sentuhan magis dari FOX Engine yang dimaksimalkan mampu menampilkan grafis yang sangat berkualitas. Anda tidak akan merasakan grafis sebagus ini di beberapa game olahraga lainnya karena seluruh detail mampu ditangkap dan ditampilkan dengan baik. 

Detail dari stadion dan cuaca hingga pencahayaan yang mendukung juga mempengaruhi atmosfer pertandingan. Kini bertanding sepakbola secara virtual bersama teman dan sahabat tentu akan memberi pengalaman yang berbeda karena seluruh detailnya bisa memacu emosi anda. Sehingga jangan heran ya jika anda kalah saat bermain dengan teman dan anda pun mulai merasa greget untuk membalik kemenangan.

Nuansa seperti itulah yang sudah cukup lama tidak hadir di PES karena kondisi yang terkadang selalu mudah ditebak. Namun kini semua itu rasanya berbeda, setiap tackle hingga tendangan yang dilakukan oleh lawan akan membangkitkan semangat anda untuk mengeksplor game ini dengan skill yang lebih baik lagi. Jadi, bagi anda yang sekarang sedang di rumah saja ataupun sedang work from home karena mewabahnya pandemi Covid-19, kami memastikan bahwa PES 2020 menjadi salah satu game yang wajib anda miliki. Mainkan game bola PES 2020 sekarang juga dan temukan keseruan pertandingan akbar yang anda dambakan selama ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *