10 Game Nintendo Terpopuler Sepanjang Masa

10 Game Nintendo Terbaik

Apakah anda ingat dengan momen puluhan tahun lalu saat anda duduk di depan televisi dan memainkan Nintendo? Ya, tentu itu adalah kenangan tak terlupakan yang mungkin sampai sekarang memorinya masih terngiang di kepala anda. Nintendo Entertainment System atau NES adalah konsol game hiburan yang kala itu memiliki tingkat popularitas tertinggi di dunia. Konsol ini dirilis oleh pihak Nintendo di Amerika Utara dan berhasil menyentuh pasar global, mulai dari Australia, Eropa, Brasil, hingga Asia termasuk Indonesia. Dirilis pada tahun 1984, itu artinya kini NES sudah berusia lebih dari 35 tahun dan sepanjang itu pula masih banyak gamers yang merindukan seri-seri permainan terbaik pada masanya.  

Bagi anda yang merindukan permainan ini namun sudah tidak lagi memiliki konsol NES, maka anda tidak perlu khawatir. Sekarang ini memainkan game nintendo sudah bisa dilakukan lewat PC ataupun smartphone dengan cara install emulatornya. Anda pun bisa dengan mudah mengunduh dan menginstal emulator nintendo ini karena sudah tersedia banyak di internet secara gratis. Bagi anda yang berniat memainkan nintendo, maka izinkan kami untuk kembali membangkitkan anda dengan memberi beberapa ulasan seputar 10 game Nintendo terpopuler sepanjang masa yang wajib dimainkan kembali. Berikut ulasan selengkapnya.

10. Metroid

Game Nintendo 3DS Metroid

Di urutan 10 kami akan membangkitkan kenangan indah anda bersama seri game Metroid. Game ini mampu menjadi yang terbaik di masanya berkat inovasi berupa upgrade senjata yang mana kala itu hal semacam ini sangat sulit ditemukan di seri game nintendo. Lewat game Metroid, para pemain akan merasakan ambience bernuansa film Sci-Fi yang futuristik. Dengan penambahan setting tempat yang berada di luar angkasa, game yang dirilis tahun 1986 ini tentu saja mampu menghadirkan visual masa depan pada saat itu. 

Metroid juga termasuk ke dalam game yang memiliki sisi audio cukup baik. Kombinasi audio saat anda bergerak dan menembak sangatlah khas ala Nintendo dan pastinya jika anda memainkan game ini sekarang, seluruh kenangan masa kecil anda akan kembali dalam sekejap mata.

9. Ice Climber

Ice Climber - Classic NES Series: Video Games

Situasi yang menegangkan, kacau, dan sekaligus menyenangkan, itu semua bisa kita rasakan lewat Ice Climber sebagai salah satu dari 10 game Nintendo terpopuler sepanjang masa ini. Seperti namanya, inti dari game ini adalah memanjat untuk mencapai puncak dan mengalahkan para musuh yang berusaha mengganggu anda. Di sini anda diharuskan mencapai puncak tertinggi dan memecahkan rekor terbaik anda. 

Nah, dari rekor itulah yang sebenarnya menjadi titik keseruan Ice Climber. Jika anda ingat lagi, mungkin di masa itu anda dan kawan-kawan sangat kompetitif untuk menunjukkan siapa yang berhasil mencapai puncak tertinggi. Bagi anda yang sudah mencapai rekor tertinggi dan mengalahkan teman-teman anda, maka kami ucapkan selamat karena sudah menjadi bagian dari game Ice Climber yang legendaris in.

8. Chip n Dale

Game NES: Chip 'N Dale

Seri game Chip & Dale rasanya juga sangat pantas untuk dimasukkan ke daftar 10 game Nintendo terpopuler kali ini. Game yang satu ini sebenarnya mendapatkan popularitas yang tinggi berkat adaptasinya yang dinilai berhasil dari seri film kartunnya. Untuk anda yang belum tahu, Chip & Dale merupakan salah satu serial film kartun yang paling digemari anak-anak di masa itu. Sehingga ketika game ini muncul lewat Nintendo, sudah banyak penggemar yang mengantisipasinya dan langsung menjadikan Chip & Dale sebagai salah satu game paling banyak dimainkan oleh para pengguna di seluruh dunia. 

Game ini akan mengisahkan dua tupai yang memiliki kepribadian bertolak belakang antara satu dengan lainnya. Dialog lucu hingga bentuk imut yang mendukung akan membuat anda gemas di sepanjang permainan ini. Selain itu, sebagai salah satu game platformer, Chip & Dale juga akan selalu membuat pemainnya penasaran. Hal ini dikarenakan konsep gameplay yang diusung cukup unik, yaitu membuat siapa saja yang memainkannya pasti kesal dan gemas karena ada saja titik kesalahan yang seharusnya tidak terjadi. 

Sepanjang permainan anda akan mendapatkan tameng dan senjata yang bisa digunakan untuk menghabisi musuh. Jumlah musuh di setiap arena juga tidak terlalu banyak dan tidak akan menyusahkan anda. Namun kembali lagi, selalu ada jebakan dan twist yang hadir diakhir perjalanan dan siap membuat anda kalah untuk kemudian mengulangnya kembali dari awal. Tenang saja, kami menjamin hal itu tidak akan sepenuhnya membuat anda kesal karena rasa penasaran anda akan jauh lebih besar dan semakin membuat permainan ini terasa sangat adiktif.

7. Circus Charlie

Circus Charlie  - NES (Nintendo)

Menaiki singa dan melompat melewati lingkaran api, itulah keseruan yang anda rasakan saat bermain game Circus Charlie di konsol Nintendo. Game ini menjadi salah satu yang terpopuler saat pertama kali dirilis pada tahun 1986. Bahkan hingga belasan tahun setelahnya pun, Circus Charlie masih sering menghiasi televisi anak-anak yang bermain Nintendo. Ya, game ini memang menghadirkan tantangan yang gampang-gampang susah. Ada kesan mudah ketika memainkannya, tetapi terkadang saat kita kurang sabar, hal itu justru akan membuat kita kalah. 

Game ini didesain dengan cara main yang sederhana. Ada beberapa tantangan arcade yang bisa anda mainkan. Seperti mengendarai singa dan melewati rintangan api, berlari di atas tali dan menghindari monyet yang bergerak ke arah anda, hingga berjalan di atas bola raksasa dan menyeimbangkan tubuh layaknya sirkus profesional. Percayalah, game ini wajib anda mainkan kembali untuk mengembalikan memori indah masa kecil dan kami juga tidak raku untuk mengklaim bahwa ia termasuk 10 game Nintendo terpopuler yang kami rekomendasikan untuk anda.

6. DuckTales

DuckTales

Terjual lebih dari 1,6 juta copy, angka tersebut pastinya pantas untuk menjadikan DuckTales sebagai satu dari 10 game Nintendo terpopuler. Game yang dirilis oleh Capcom pada tahun 1989 ini secara eksklusif menggandeng Disney sebagai pihak pemegang lisensi penuh dari serial kartun Donald Duck yang menjadi tokoh utama di game ini. Bagi anak-anak masa itu, tentu menjadi mimpi di siang bolong untuk bisa berperan sebagai Donald Duck dan mengendalikannya ke kanan-kiri lewat konsol NES. Di masa itu, popularitas Donald Duck memang sangat tinggi dan hampir seluruh anak di dunia mengenalinya sebagai tokoh kartun bersahabat yang lucu.

Secara gameplay, permainan ini tidak akan jauh dari konsep permainan NES pltaformer. Menampilkan Donald Duck dengan kostum merah dan topi sulap andalannya, anda akan berpetualang untuk melewati halang rintang dan mengalahkan para musuh. Berlari untuk menghindari batu besar yang menggelinding selayaknya adegan Indiana Jones hingga menghindari hantu yang bergentayangan. Loncat dan timpah musuh untuk mengalahkan mereka atau tendang batu-batu itu hingga menimpa musuh. Sensasi permainan yang benar-benar memberi pengalaman berbeda dan sentuhan baru untuk dunia NES kala itu. 

DuckTales juga hadir dengan tampilan yang secara keseluruhan sangat baik. Setting tempat yang berubah-ubah membuat game ini lebih hidup dan adiktif. Setidaknya anda tidak akan mudah bosan untuk memainkannya karena ada banyak tempat untuk dijelajahi. Mulai dari di dalam goa, di atas awan, hingga lokasi luar angkasa lengkap dengan berbagai fantasi futuristiknya. Secara keseluruhan kami menganggap Ducktales merupakan permainan yang bukan hanya cocok untuk dimainkan oleh anak-anak. Petualangan ini juga cocok untuk dimainkan orang dewasa termasuk anda. 

 5. Excitebike

Excitebike

Seluruh memori masa kecil anda pastinya siap untuk mengemuka kembali ketika anda memainkan game Excitebike. Game dua dimensi ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk kemudian mengingatkan anda betapa serunya bermain sebagai atlet balap sepeda. Musik pembukanya yang begitu ikonik juga akan langsung membangkitkan memori indah di masa kecil. Semua itu benar-benar terasa nyata sampai-sampai anda ingin kembali memainkan game ini berjam-jam bersama kawan dan sahabat.

Ya, Excitebike memang pantas menjadi satu dari 10 game Nintendo terpopuler sepanjang masa. Bergerak dari satu lintasan ke lintasan lainnya untuk melewati gundukan tanah dan berbagai tantangan memang sangat menyenangkan. Bahkan konsep permainan semacam ini pun masih sering kita jumpai di abad 20 sehingga jika anda memainkannya sekarang, dijamin Excitebike masih mampu menjadi permainan yang adiktif.

Atau mungkin diantara anda masih ingat saat harus menekan tombol berulang kali agar sepeda yang dikayuh bisa mencapai puncak dengan lebih cepat? Bagaimana sensasi ketika harus mengalahkan teman anda yang ternyata memiliki rekor lebih tinggi. Gawat, hal itu tidak boleh terjadi dan anda pun mulai memainkan game ini sambil mengeksplor berbagai cara yang bisa dilakukan agar setiap rintangan dapat dilalui lebih cepat. Ya, benar-benar game legendaris yang pantas untuk dimainkan kembali!

4. Mega Man

Mega Man 11 - Nintendo

Bagi anda yang dulunya mempunyai konsol NES, maka kami bertaruh bahwa anda pasti pernah memainkan game yang satu ini. Ya, Mega Man adalah salah satu game Nintendo yang paling populer di masanya. Bahkan bisa dipastikan jika ada diantara anda yang memiliki konsol NES, maka sepulang sekolah anda pasti akan langsung menuju rumah dan tidak sabar memainkan game yang satu ini. 

Seri yang dimulai pada tahun 1987 ini diluncurkan oleh Capcom dengan konsep permaiann futuristik ala robot luar angkasa. Game-nya sendiri terinspirasi dari seri kartun Mega Man yang kala itu juga tidak kalah populernya. Dengan tampilan grafik klasik, Capcom dianggap sangat berhasil menampilkan visual yang menakjubkan. Tiap piksel dari game ini akan menunjukkan kombinasi warna, gerak, dan tata cahaya yang sangat baik di masanya. Sehingga siapapun yang dulu memainkannya pasti akan beranggapan bahwa itulah bentuk masa depan yang sesungguhnya, berisi robot dan luar angkasa yang bebas dieksplor.

Game Mega Man juga termasuk salah satu permainan yang menuntut kejelian dan kesabaran untuk dapat memenangkannya. Berbagai musuh dengan kemampuan yang berbeda akan menyulitkan anda di sepanjang perjalanan. Ada juga bos musuh yang memiliki kemampuan unik dan siap untuk menggagalkan petualangan anda. Kenangan manis dari setiap kekalahan yang sangat berarti hingga akhirnya anda bisa menyelesaikan perjuangan di tiap misinya. Percayalah, game ini layak untuk dimainkan lagi dan menjadi salah satu dari 10 game Nintendo terpopuler sepanjang masa.

3. Mario Bros

Mario Bros U Deluxe | Nintendo

Tampaknya kami tidak perlu menjelaskan terlalu banyak mengapa Mario Bros berada di urutan atas sebagai salah satu dari 10 game Nintendo terpopuler. Ya, pasalnya game ini mampu membuat semua orang berpikir bahwa hanya ada dua tukang pipa air yang paling keren di dunia, yaitu Mario dan Luigi. Dua tokoh ikonik dari seri Mario Bros itu mampu memperkenalkan game ini ke seluruh dunia. Jutaan penggemar Mario Bros yang bahkan hingga sekarang masih saling berburu suvenir dan barang-barang koleksi lainnya. 

Popularitas game ini pun tidak perlu disangkal lagi karena hingga sekarang selalu ada versi baru dari franchise Mario Bros, baik itu untuk konsol Nintendo hingga game mobile. Seluruh adegan di dalamnya juga sangat ikonik, bahkan hanya dengan mendengar suaranya saja anda pasti sudah tahu bahwa game yang sedang dimainkan adalah Super Mario Bros. Lebih dari 30 tahun Mario Bros hadir untuk kita dan selama itu pula telah memberi banyak kenangan. Termasuk keterlibatan landmark game ini di beberapa seri televisi hingga bentuk karakter yang seringkali coba diwujudkan dalam bentuk manusia. Ya, cosplay ala Mario dan Luigi dari seri game Mario Bros masih menjadi yang terbaik!

2. Contra

Contra Konami

Bagi anak-anak tahun 80-an, ada satu tokoh favorit dengan tubuh kekar dan karakter khas tentara Amerika, itulah Contra. Karakter fiksi yang diciptakan oleh Konami lewat game Contra ini benar-benar populer dan mampu menampilkan garangnya sosok tentara Amerika Serikat yang bergerilya untuk melawan musuh. Bahkan kala itu Contra juga menjadi idola banyak orang yang kemudian diadaptasi menjadi karakter dari berbagai tokoh film. 

Sebagian orang juga banyak yang sesumbar dan mengatakan bahwa seseorang tidak pantas dianggap gamer apabila belum mencicipi permainan yang satu ini. Ya, kami pun tidak bisa menolak ungkapan tersebut karena pada dasarnya Contra memang sangat ikonik dan menjadi salah satu nyawa dari konsol NES yang mendunia kala itu. Contra mampu memiliki identitas sendiri sebagai game perang action platformer yang tiada tandingannya. 

Bahkan konsep multiplayer yang dibawa oleh Contra juga menghadirkan sentuhan baru bagi para gamer yang akhirnya bisa merasakan game perang dengan dua orang sekaligus di satu layar televisi. Dengan konsep cerita yang baik diiringi dengan lesatan peluru dan musik yang ikonik, membuat Contra masih dikenang hingga sekarang. Cobalah mainkan kembali dan nikmati sensasi permainannya.

1. Legend of Zelda

Nintendo Selects: The Legend Of Zelda

Sampailah kita di puncak pembahasan untuk 10 game Nintendo terpopuler sepanjang masa. Dan diposisi puncak ini kita memiliki seri game Legend of Zelda yang pertama kali dirilis untuk konsol NES pada Februari tahun 1986. Seri game ini pantas disebut sebagai awal dari adidaya Nintendo hingga akhirnya sekarang mampu memiliki penggemar di seluruh dunia.

Lewat game Legend of Zelda, Nintendo memperkenalkan game platformer yang kompleks. Anda akan berhadapan dengan berbagai variasi item dan puzzle serta banyaknya tantangan dan rintangan yang bergerak dari kanan ke kiri. Sensasi unik yang ditawarkan oleh Legend of Zelda mampu menjadikannya sebagai game yang berbeda dari kebanyakan game NES kala itu. Bahkan saking populernya game ini, seri Legend of Zelda juga menjadi salah satu game eksklusif yang dirilis sebagai bundling untuk mengawali kehadiran konsol Nintendo Switch terbaru. 

Dan demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami berikan seputar 10 game Nintendo terpopuler sepanjang masa. Mungkin sebagian dari anda juga ada yang tidak setuju karena masih banyak beberapa game populer lainnya yang tak kalah menarik. Namun, percayalah bahwa 10 game ini dijamin mewakili anda untuk kemudian merasakan kembali sensasi masa kecil lewat jutaan memori indah di dalam game Nintendo. Selamat bermain dan bernostalgia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *