5 Ide Bisnis Yang Menguntungkan Bagi Anak Kuliahan

Belajar Sambil Bisnis? Berikut Ide Bisnis anak kuliahan yang cocok untuk Anda.

Sebagai seorang mahasiswa, Anda memang dituntut untuk memberikan yang terbaik dalam bidang studi Anda. Namun let’s be honest, apakah memiliki nilai yang tinggi saja sudah cukup?

Karena pada kenyataannya, ketika nanti Anda sudah menyelesaikan studi Anda, Anda tidak bisa hanya mengandalkan nilai transkrip dan pengalaman di dalam kampus saja. Apalagi jika tujuan akhir Anda adalah untuk menjadi seorang entrepreneur yang memiliki bisnis wirausaha sendiri.

Baik bekerja pada sebuah perusahaan maupun menjadi seorang entrepreneur, sebenarnya ada dua hal terpenting yang akan menjadi bekal utama Anda saat Anda lulus dalam proses studi Anda nantinya: pengetahuan dan pengalaman.

Pengetahuan sebagai dasar utama agar Anda tidak melangkah dengan buta tanpa tahu apa yang Anda lakukan, kemudian pengalaman sebagai landasan pembelajaran untuk mengambil langkah Anda selanjutnya. Kedua hal ini tidak bisa berjalan tanpa satu dengan yang lain. Inilah mengapa universitas-universitas ternama di Indonesia mewajibkan para mahasiswa mereka untuk menjalani program magang atau internship paling tidak selama 6 bulan sebelum mereka “mentas” dari kampus, menuju dunia pekerjaan yang nyata.

Nah, tahukah Anda jika sebenarnya mencari pengetahuan dan pengalaman dapat Anda kerjakan secara bersamaan selagi Anda duduk di bangku kuliah?

Kok bisa?

Tentu saja bisa! Ada beberapa ide bisnis yang menguntungkan yang bisa Anda lakukan selagi Anda kuliah sembari mencari pengalaman di bidang studi Anda.

Apa saja ide bisnis anak kuliahan yang menguntungkan itu? Simak ulasan kami di bawah ini!

 

  • Jurusan Pendidikan – Bisnis Les Privat

bisnis anak kuliahan les private

Bagi Anda yang sedang melakukan studi di jurusan pendidikan apapun, jalur linear yang akan Anda tekuni pada saat lulus nanti kemungkinan besar adalah menjadi guru atau pengajar bagi institusi pendidikan formal maupun informal. Hal ini tentunya membutuhkan bekal pengetahuan dan pengalaman yang kukuh karena dunia pendidikan memiliki tanggung jawab yang sungguh besar, dan terkadang hal itu dapat sedikit menjadi beban.

Namun jangan khawatir karena Anda dapat segera mengumpulkan pengalaman sembari memumpuk pengetahuan di bangku kuliah. Bagaimana caranya? Dengan memulai bisnis les privat Anda sendiri!

Bisnis les privat adalah bisnis yang menguntungkan bagi Anda yang menekuni dunia pendidikan. Ide bisnis anak kuliahan ini akan membantu Anda terjun langsung dalam dunia pendidikan nyata yang tentunya akan berbeda dari yang Anda dengar di dalam kelas. Anda bisa belajar bagaimana menghadapi murid-murid Anda dan mencari cara terbaik untuk mentransfer ilmu pengetahuan yang Anda miliki kepada murid-murid Anda. Seperti yang Anda ketahui, setiap orang memiliki cara pembelajaran mereka masing-masing.

Dengan menjalankan peluang bisnis yang menguntungkan ini, Anda dapat mencuri start dan mendapatkan pengalaman lebih awal tentang hal ini, sambil terus menjalankan studi Anda.

 

  • Jurusan Desain Grafis – Bisnis Jasa Desain dan Editing

bisnis anak kuliahan desain grafis

Jika saat ini Anda sedang duduk di bangku kuliah dengan jurusan desain grafis, tentunya Anda sudah memiliki bekal mengenai teknik-teknik dasar desain, misalnya teknik desain menggunakan aplikasi Corel dan Adobe.

Nah, tahukah Anda bahwa teknik dasar Anda ini saja sudah cukup untuk mencari pengalaman di dunia desain grafis dan membuka kesempatan Anda pada berbagai peluang bisnis yang menguntungkan?

Bagaimana caranya? Mudah saja!

Anda dapat mengumpulkan pengalaman dalam dunia desain grafis dengan memberikan jasa desain selama Anda kuliah. Sebagai contoh, Anda bisa memulai dengan bisnis kecil-kecilan seperti bisnis kartu ucapan untuk event-event penting (hari raya, ulang tahun, anniversary jadian, dll.).

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menawarkan jasa menghapus latar belakang foto (remove background). Terkesan konyol, mungkin. Namun Anda akan terkejut berapa banyak orang yang mencari jasa ini. 

Nah, setelah Anda mulai dari bisnis kecil-kecilan tersebut, akan lebih bagus lagi jika Anda bisa melanjutkannya menuju jasa desain dan editing foto lainnya. Seperti misalnya jasa desain logo, spanduk, undangan, serta editing foto studio maupun pernikahan.

Dengan begitu, ketika Anda lulus nanti, Anda sudah memiliki dasar pengalaman bisnis yang menguntungkan di dunia desain grafis.

 

  • Jurusan Bahasa – Bisnis Penulisan dan Penerjemahan

penulis

Anda yang menekuni dunia bahasa apapun memang memiliki kemungkinan untuk bekerja dalam profesi apapun. Namun tetap saja, semua profesi tersebut akan membutuhkan ketrampilan berbahasa Anda sebagai dasar penilaian kemampuan Anda. 

Nah, apabila Anda menyukai dunia tulis menulis, Anda bisa memulai dengan bisnis yang menguntungkan dalam dunia penulisan melalui blog maupun website-website ternama yang akan memberikan Anda bayaran khusus saat artikel Anda diterima dan dipublikasikan di halaman mereka, seperti misalnya Brilio dan BaBe.

Anda juga bisa menekuni ide bisnis anak kuliahan jasa penerjemahan yang dapat Anda lakukan secara tertulis seperti menerjemahkan artikel dan tugas kuliah teman Anda, maupun secara lisan seperti menjadi pemandu bagi program wisata maupun pertukaran pelajar. Ini akan menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan, yang bisa Anda jalankan terutama pada saat liburan semester.

Namun jika Anda lebih memiliki passion dalam seni berbicara atau lebih dikenal dengan public speaking, Anda juga bisa mencari peluang bisnis di dunia Master or Ceremony atau MC. Anda mungkin bisa mulai dari acara kecil-kecilan di kampus, sebelum kemudian berkembang ke acara-acara publik.

 

  • Jurusan Teknik Informatika – Jasa Pembuatan Web dan Aplikasi

aplikasi

Di era digital ini, siapa sih yang tidak berminat dengan bisnis online?

Jika Anda seorang mahasiswa jurusan teknik informatika, beruntunglah Anda! Kesempatan Anda untuk memulai bisnis yang menguntungkan langsung terbuka begitu Anda memahami cara membuat website dan aplikasi. Mengapa? Karena kedua hal ini lah yang akan sangat banyak dibutuhkan oleh pelaku bisnis online di luaran sana.

Walaupun Anda masih kuliah, Anda boleh saja membuka bisnis jasa pembuatan web dan aplikasi bagi teman-teman dan kerabat Anda yang tengah menggeluti bisnis online. Tawarkan dengan harga terjangkau di awal untuk membuka peluang bisnis Anda, walaupun memang jasa pembuatan web dan aplikasi memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Namun ketika Anda dapat mencuri start pada saat kuliah, ketika Anda lulus nanti, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kesulitan mencari pekerjaan dan pengalaman. Waktu yang Anda butuhkan untuk meniti karir dan profesi akan lebih singkat dibandingkan rekan-rekan Anda yang belum memiliki pengalaman apapun sebelumnya.

Bangga lho, ketika kemudian Anda dapat dengan bangga mengatakan, “Saya memulai lebih awal, maka saya sukses lebih awal juga.”

 

  • Jurusan Teknik Elektro – Servis dan Jual-Beli Alat-alat Elektronik

servis

Wahai para jenius di jurusan Teknik Elektro, pendidikan Anda mungkin dikenal memakan waktu lebih lama dari jurusan perkuliahan yang lain, tapi tolong jangan sia-siakan waktu Anda hanya duduk di kelas dan laboratorium saja!

Well, boleh saja laboratorium, karena di tempat inilah sebenarnya Anda dapat memulai bisnis kecil-kecilan Anda pada saat Anda masih duduk di bangku kuliah.

Memangnya ide bisnis apa yang bisa Anda jalankan walaupun Anda masih sibuk dengan tugas-tugas kuliah?

Sebagai mahasiswa teknik elektro, Anda seharusnya sudah paham paling tidak mengenai dasar cara kerja arus listrik dan alat-alat elektronik. Nah, kemampuan Anda ini dapat dimanfaatkan sebagai bekal dasar membangun bisnis yang menguntungkan, dengan cara menawarkan jasa servis alat-alat elektronik kepada teman kampus, teman kos, maupun sanak saudara Anda.

Terlebih lagi, Anda juga bisa menantang kemampuan Anda sendiri dengan mencari barang-barang elektronik yang sudah rusak dari kenalan Anda atau bahkan dari pasar loak, membelinya dengan harga murah, kemudian memperbaikinya dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Siapa tahu? Apabila selama kuliah Anda sudah terbiasa bergelut dengan berbagai macam alat-alat elektronik, setelah lulus nanti bisnis yang menguntungkan ini akan membawa Anda ke level yang lebih tinggi, sehingga Anda kemudian dapat merakit alat elektronik Anda sendiri dengan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan alat elektronik pasaran!

Itu dia 5 ide bisnis yang menguntungkan bagi Anda para mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah. Jangan pernah Anda merasa minder atau kurang percaya diri hanya karena Anda masih berpredikat mahasiswa, karena pada saat inilah peluang bisnis Anda terbuka lebar. Dan Anda harus memanfaatkannya!

Dengan begitu, Anda dapat belajar, berbisnis, dan dapat uang tambahan!

Wah, asik ya!

Nah, jadi sekarang Anda sedang kuliah jurusan apa? Coba tulis di komen, ya! Siapa tahu ada ide bisnis lainnya yang bisa Anda manfaatkan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *