4 Ide Bisnis Kuliner Aneh: Gila! Tapi Laris Manis

ide bisnis kuliner

 

Masyarakat Indonesia kini telah mulai melek bisnis. Berbagai ide bisnis kuliner banyak di pamerkan, dari yg biasa – biasa sampai yg tidak biasa!

Yes, ini merupakan hal yang sangat baik, karena itu tandanya Indonesia akan semakin dapat berproses dalam memajukan perekonomian dan menambah lapangan pekerjaan.

Tetapi di sisi lain, dengan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk bergabung dalam dunia bisnis Indonesia, hal itu juga berarti persaingan bisnis akan jauh semakin ketat. Ide bisnis baru semakin bermunculan dan Anda tidak bisa begitu saja pasif apabila Anda berniat membangun bisnis yang sukses.

Seorang komika dan rapper, Pandji Pragiwaksono, pernah mengatakan dalam pertunjukan Stand Up Comedy World Tournya,

“Sedikit lebih beda, lebih baik, daripada sedikit lebih baik.”

Untuk menjadi sukses dalam sebuah bisnis, mau bisnis online, bisnis startup, bisnis franchise, atau bisnis apapun juga, Anda harus berani untuk menjadi sedikit lebih berbeda dibandingkan dengan kompetitor bisnis Anda.

Hal ini karena ketika Anda dapat menunjukkan sesuatu yang beda sedikit saja, masyarakat akan langsung meletakkan perhatian mereka pada Anda. Dan hal ini lah yang dimanfaatkan oleh beberapa pelaku bisnis kuliner. Mereka tampil beda dengan menyediakan menu yang aneh, yang mungkin akan membuat banyak orang berpikir bahwa ide tersebut ngeri dan gila.

Tapi jangan salah! Justru ide-ide gila tersebut lah yang menjadi awal kesuksesan bisnis mereka. Terbukti dari ide bisnis kuliner di bawah ini yang mungkin tampak aneh, namun ternyata laris manis dan banyak diserbu pelanggan.

Apa saja ya ide bisnis kuliner aneh itu? Yuk, simak ulasan kami pada artikel ini.

 

  • Burger Hitam

ide bisnis kuliner burger hitam

Bisnis burger adalah salah satu ide bisnis yang tidak ada habisnya. Hal ini karena makanan khas negeri Paman Sam ini memiliki penggemar dari berbagai kalangan, tak peduli usia dan profesi apapun.

Nah, baru-baru ini muncul ide bisnis kuliner aneh yang muncul dengan penyajian burger warna hitam. Burger hitam sebenarnya adalah burger biasa dengan isian layaknya burger-burger yang lain. Yang berbeda adalah burger hitam disajikan dengan burger bun atau roti berwarna hitam.

Walaupun ide bisnis kuliner ini tampak aneh pada mulanya, Burger Hitam kini menjadi salah satu bisnis kuliner paling favorit, terutama di kota-kota besar seperti Bandung dan Yogyakarta. Bahkan, ada sebuah restoran di Bandung menyajikan Burger Hitam raksasa dengan diameter sebesar 24 cm dengan harga 150 ribu rupiah! Bisnis kuliner ini kemudian menjadi viral dan menarik banyak pengunjung sehingga dalam satu bulan penjualan Burger Hitam raksasa selalu berhasil menyentuh angka 600 porsi atau lebih!

 

  • Belalalang Goreng

ide bisnis kuliner belalang goreng

Apa?! Belalang goreng?! Hii…iy!! 

Mungkin itu yang terlintas di kepala Anda ketika mendengar ide bisnis kuliner yang satu ini.

Memang benar, bisnis kuliner belalang goreng masih terdengar asing bahkan bagi para pecinta makanan di Indonesia. Tapi tahukah Anda? Bisnis kuliner belalang goreng sebenarnya sudah ada sejak lama di Indonesia. Ide bisnis kuliner ini berawal dari sekitar Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan lebih dikenal dengan nama “Walang Goreng”, dengan bahan baku utama belalang kayu yang hidup di dahan pohon.

Nah, walaupun terlihat aneh dan ekstrim, Anda tidak boleh meremehkan potensi bisnis kuliner belalang goreng, lho! Pasalnya, satu toples makanan ringan ini dibanderol dengan harga 25 hingga 40 ribu rupiah, dan para penjual Walang Goreng dapat menjual 20 hingga 40 toples per harinya. Dan pada saat musim liburan, omzet penjualan Walang Goreng dapat meningkat hingga dua kali lipat! Belum lagi ditambah dengan orderan dari mancanegara seperti Hongkong, Malaysia, dan Singapura.

Wah, hebat ya!

 

  • Semangka Goreng

ide bisnis kuliner semangka goreng

Bagi kebanyakan orang, Semangka adalah buah berwarna merah dengan kandungan air tinggi yang akan sangat memuaskan jika disantap di siang hari yang panas dan terik. Olahan semangka selama ini berputar pada jus, es buah, serta es krim yang memperkuat ciri khas kesegaran buah ini.

Namun tahukah Anda? Selain menjadi bahan baku ide bisnis minuman, buah semangka juga ternyata dapat dijadikan santapan ringan yang lezat, lho! Bagaimana caranya? Dengan membalut potongan buah semangka dengan lapisan tepung, kemudian menggorengnya di dalam minyak super panas.

Masih terdengar aneh ya? Bisnis kuliner semangka goreng memang baru muncul baru-baru ini dan sempat mengundang tanda tanya. Namun ternyata, seiring berjalannya waktu, peminat semangka goreng semakin membanjir sehingga bisnis kuliner ini menjadi salah satu ide bisnis kekinian dengan modal yang tergolong rendah

 

  • Susu Goreng

susu goreng

Memang, ya. Makanan yang digoreng memiliki cita rasa tersendiri yang tidak bisa ditandingi oleh makanan jenis lain, terutama bagi lidah orang-orang Indonesia. Ditambah lagi dengan kemampuan otak yang cerdik, masyarakat bisnis Indonesia selalu berhasil menemukan ide bisnis baru yang unik dan bahkan seringnya aneh agar mereka dapat menarik semakin banyak peminat.

Seperti contohnya bisnis kuliner susu goreng yang sedang marak di kalangan anak-anak. Gorengan yang berbahan dasar susu dan tepung ini sangat sederhana dan mudah untuk dibuat. Cita rasa manis dan gurih, serta sensasi lumer dadakan ketika pertama kali menggigit makanan ini membuat banyak orang semakin penasaran dengan susu goreng dan berbondong-bondong mencari atau bahkan membuat sendiri makanan unik dan aneh ini.

Nah, jika Anda tertarik, bisnis kuliner susu goreng dapat Anda mulai dari bisnis rumahan kecil-kecil, lho! Anda cukup mencari resep susu goreng yang Anda anggap cocok, kemudian menawarkannya dengan sistem pre-order.

Seperti yang dikatakan Pandji Pragiwaksono, Anda akan dapat berhasil sukses dengan bisnis Anda ketika Anda dapat menawarkan sesuatu yang sedikit lebih berbeda dibandingkan dengan yang lain.

Jangan pernah takut untuk bereksperimen dengan ide-ide cemerlang Anda. Dari eksperimen-eksperimen itulah Anda dapat mengembangkan ide bisnis baru yang berbeda dari bisnis-bisnis mainstream saat ini. Dan ketika Anda dapat menawarkan sesuatu yang berbeda, niscaya Anda tidak perlu terlalu banyak mencari peminat, karena merekalah yang akan mencari Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu takut lagi menghadapi banyaknya kompetitor bisnis yang Anda temui di luaran sana.

Jadi, Anda pernah menemui ide bisnis kuliner yang aneh dan gila seperti di atas ini? Coba ceritakan bisnis kuliner paling gila yang pernah Anda coba di kolom komen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *