5 Tips dan Trik Cara Bisnis Online Sukses. Dijamin Berhasil

Sudah hampir setahun lebih Anda menjalankan bisnis online Anda, tetapi hasil yang Anda temui tidak seindah yang orang bicarakan di media sosial dan website-website bisnis Indonesia. 

Katanya bisnis online adalah bisnis yang menjanjikan? Katanya bisnis online adalah bisnis tanpa modal yang memiliki peluang bisnis tanpa batas? Mana buktinya? Yang ada saat ini Anda nasib malah berakhir dengan modal yang habis dan barang yang mangkrak di gudang karena bisnis online Anda sepi peminat.

Jadi apakah Anda harus stop sampai di sini saja? Apa memang peruntungan Anda bukan pada bisnis online? Apa yang harus Anda lakukan?

Wait. Tunggu dulu, wahai para pelaku bisnis yang baik hati. Cobalah Anda tenang dan tarik nafas dalam-dalam.

Mungkin memang saat ini Anda sedang kebingungan mengenai cara apalagi yang harus Anda lakukan supaya bisnis online Anda mengalami kemajuan. Walaupun memang sudah sekian waktu berjalan tanpa kemajuan yang signifikan, bukan berarti bisnis online Anda gagal, lho! Cobalah Anda tengok ke belakang, mungkin ada beberapa cara yang kurang pas yang selama ini Anda lakukan.

Nah, tenang saja. Pada kesempatan kali ini, kami akan berusaha membantu Anda dan memberikan solusi tips dan trik cara bisnis online yang bisa Anda lakukan agar bisnis yang menjanjikan milik Anda ini  sukses dengan hasil yang sesuai dengan harapan Anda selama ini.

Apabila Anda berhasil melakukan semua cara bisnis online ini, dijamin! Bisnis online Anda akan kembali melambung hingga menuju kesuksesan!

Siap? Let’s go!

 

  • Pilih produk dalam kategori yang sama

produk

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis online adalah menjual berbagai macam barang secara acak pada toko online mereka. Memang, menjual berbagai macam barang dengan konsep toko serba ada tampaknya menarik, tetapi bagi konsep bisnis online, hal ini akan membuat toko online Anda tidak terfokus, dan pelanggan akan kebingungan akan jenis barang yang Anda jual.

Oleh karena itu, cara bisnis online sukses pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih satu kategori atau niche yang menurut Anda memiliki peluang bisnis yang paling menjanjikan seperti: makanan, fashion, dan kecantikan. Carilah niche market yang Anda sukai, kemudian lakukan riset kecil-kecilan melalui Google, kira-kira produk apa saja yang banyak dicari dalam niche atau kategori tersebut. 

Dengan begitu, Anda dapat lebih fokus dalam pemilihan produk serta melakukan promosi. Terlebih lagi, karena Anda memilih kategori yang Anda sukai, maka Anda akan merasa lebih senang dan melakukannya tanpa beban apapun.

 

  • Buat website dan akun marketplace

marketplace

Mungkin selama ini Anda hanya berjualan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tetapi tahukah Anda? Berjualan melalui media sosial saja sekarang tidak cukup untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

Nah, cara bisnis online sukses yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat website toko online Anda dan akun resmi di marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, dan BukaLapak, maupun website marketplace lainnya. Cara bisnis online sukses yang satu ini adalah sebuah langkah krusial, bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, namun juga membangun brand awareness bagi calon pelanggan Anda. 

Cobalah untuk membuat website dengan tampilan menarik sesuai dengan kategori atau niche bisnis online pilihan Anda, dan cantumkan produk-produk yang Anda jual, serta kontak resmi Anda agar calon pembeli dapat menghubungi Anda dengan mudah.

Kemudian buatlah akun resmi di marketplace ternama dan ikuti program-program yang ditawarkan marketplace tersebut. Lalu integrasikan website dan akun marketplace dengan akun media sosial Anda supaya Anda dapat melakukan promosi dengan lebih mudah.

 

  • Memiliki Customer Service yang Ramah, Fast Response, dan Problem Solving

custsomer

Inilah salah satu kunci cara bisnis online sukses super penting yang harus Anda perhatikan.

Banyak pelaku bisnis online, ketika pada saat merintis bisnis online mereka, bersikap acuh tak acuh pada calon pelanggan yang menghubungi mereka. Mungkin Anda sudah lelah dengan banyaknya calon pembeli yang menghubungi Anda hanya untuk bertanya-tanya saja, sehingga kemudian Anda bersikap tidak ramah, dan bahkan memberikan caption pada produk Anda “DM for serious buy only”.

Tahukah Anda bahwa ini merupakan sikap bisnis yang tidak pas, apalagi ketika Anda masih dalam tahap merintis bisnis online Anda? 

Coba Anda bayangkan ketika Anda berniat membeli dari bisnis online tertentu, dan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang ingin Anda beli. Namun Anda malah mendapatkan respon ketus yang seolah tidak butuh dari admin toko online tersebut. Hal ini tentunya akan membuat minat beli Anda menurun, kemudian mencari toko online yang lain.

You know, zaman sekarang ini toko online yang menjual barang yang sama bukan hanya satu atau dua saja. Puluhan bisnis online di luar sana dapat menjual produk yang sama dengan yang Anda jual, mungkin dengan harga yang sama terjangkaunya, namun bisa jadi dengan pelayanan yang jauh lebih cepat dan ramah.

Nah, untuk itu cobalah lakukan perbaikan dalam sistem layanan pelanggan Anda. Usahakan untuk merespon pesan-pesan pelangan dengan cepat dan ramah, serta berikan jawaban dan solusi terhadap pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Dengan begitu, calon customer yang awalnya hanya berniat tanya-tanya, akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda karena mereka merasa seolah mendapatkan teman baru dan dilayani dengan baik.

After all, pepatah juga mengatakan, tak kenal maka tak sayang, bukan?

 

  • Promosi, promosi, promosi!

promosi

Tips cara bisnis online selanjutnya yang tidak kalah penting adalah untuk terus melakukan promosi, promosi, dan promosi.

Media sosial dan marketplace bekerja begitu cepat. Dalam satu menit saja ada banyak sekali postingan yang dilakukan oleh puluhan akun bisnis online.

Itulah mengapa Anda tidak boleh pasif dan harus selalu melakukan posting setidaknya 4 kali dalam satu jam pada media sosial Anda supaya akun bisnis online Anda tidak tenggelam dan tertimbun oleh akun bisnis online yang lain.

Anda juga bisa melakukan promosi dengan cara bergabung dengan grup-grup jual beli di Facebook, maupun forum-forum jual beli seperti Kaskus, Detik, dan Indowebster untuk menarik lebih banyak peminat. Sertakan link atau tautan ke akun media sosial atau akun marketplace dan website bisnis Anda dan lakukan secara berulang setiap harinya.

Di samping itu, jangan lupa sisipkan juga program promosi menarik seperti diskon khusus, buy 1 get 1 free, maupun potongan harga dalam nominal pembelian tertentu pada postingan Anda.

 

  • Berikan reward pada pelanggan setia

reward

Setiap orang akan merasa senang ketika mereka diapresiasi. Begitu pula dengan pelanggan setia Anda.

Jika selama ini bisnis online Anda sudah berjalan selama periode waktu yang cukup lama, tentunya Anda memiliki paling tidak satu atau dua pelanggan yang membeli dari toko online Anda secara berkala. Mungkin selama ini Anda terlalu terfokus untuk mencari pembeli baru sehingga Anda melupakan para pelanggan yang sudah tetap setia membeli produk dari toko online Anda tersebut.

Nah, sekarang lah saatnya untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan-pelanggan setia Anda dengan melakukan tips cara bisnis online sukses selanjutnya: berikan apresiasi terhadap para pelanggan setia Anda dengan cara memberikan reward berupa hadiah atau bonus yang Anda kirim langsung kepada mereka.

Hadiah dan bonus dapat berupa produk tambahan, voucher belanja, souvenir, maupun oleh-oleh khas yang unik yang menarik perhatian pelanggan Anda. Sisipkan juga catatan kecil atau kartu ucapan yang berisi ucapan terima kasih Anda atas kesetiaan pelanggan Anda tersebut.

Dijamin! Pelanggan Anda pasti klepek-klepek dan merasa dihargai, kemudian akan terus membeli dari bisnis online Anda, dan bahkan mempromosikan bisnis online Anda kepada teman dan kerabat mereka.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan alasan mengapa bisnis online Anda belum mengalami kemajuan yang signifikan selama ini? Apakah cara bisnis online yang Anda lakukan selama ini memang kurang tepat?

Apabila jawabannya iya, segeralah lakukan perbaikan dari sekarang!

Bisnis online adalah salah satu peluang bisnis yang berkembang sangat pesat di dunia bisnis indonesia. Satu menit saja Anda terlambat, maka peluang bisnis Anda akan jauh tertinggal oleh pelaku bisnis online lainnya.

Jadi, mulailah dari detik ini juga.

Semangat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *