Belanja Mudah Lewat Tokopedia.com untuk Berbagai Kebutuhan 

tokopedia.com

 

Teknologi internet benar-benar mengubah semuanya, termasuk untuk urusan berbelanja. Jika dulunya kita harus keluar rumah untuk membeli barang ataupun memesan produk, maka sekarang semua itu sudah bisa dilakukan secara online. Dan hal inilah yang mampu ditangkap dengan baik oleh tokopedia.com sebagai marketplace terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 2009, kini tokopedia telah mampu menjelma sebagai salah satu startup terbesar dengan angka investasi dan pendapatan yang fantastis.

Perkembangan yang pesat dari tokopedia.com tentu tak lepas dari ide brilian para pendirinya, yaitu William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha. Kedua co-founder tersebut memiliki misi untuk mewujudkan perataan ekonomi di Indonesia secara digital. Sehingga muncul tokopedia yang mampu menjadi toko online bagi seluruh masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. 

 

Perkembangan Tokopedia sebagai Startup Terbaik Indonesia

Tokopedia rasanya memang pantas disebut sebagai salah satu startup terbaik di Indonesia. Selain karena pencapaiannya yang luar biasa dari segi komersil, tokopedia juga mampu berperan aktif dalam membuka lapangan usaha yang sangat besar. Ada jutaan pengguna tokopedia yang secara aktif menjual produknya lewat marketplace ini. Tidak ada lagi kata kesulitan untuk membuka toko karena siapapun sekarang bisa memiliki toko digital sendiri dalam genggaman smartphone mereka.

Secara grafis, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini tokopedia.com memang mampu melenggang dengan fantastis dan menjadi marketplace dengan akses pengunjung terbesar kedua sepanjang tahun 2020 di Indonesia. Untuk angka unduhannya sendiri tokopedia telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna di Play Store dan mendapatkan lebih dari 2 juta review. Bahkan di tahun 2016 tokopedia juga berhasil meraih award Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award.

Dalam company profile yang dirilis resmi oleh tokopedia, tercatat ada lebih dari 90 juta pengguna aktif setiap bulannya dan terdapat lebih dari 6,8 juta penjual yang tergabung dan memiliki merchant di tokopedia.com. Pencapaian ini tentu terbilang fantastis mengingat sudah ada jutaan orang yang terbantu dari tokopedia untuk menjual dan membeli produk lokal maupun import. Tokopedia fokus untuk mengembangkan Super Ecosystem yang memungkinkan setiap orang dapat berkontribusi untuk memberi nilai tambah bagi satu sama lainnya. Sebagai marketplace yang bisa diakses secara gratis maka tokopedia juga selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan berbagai macam produk dan fitur digital. Termasuk diantaranya untuk pembayaran pulsa, pembayaran listrik, air, BPJS, tiket pesawat, voucher game, dan berbagai produk lainnya. 

 

Kontribusi Tokopedia untuk Bangsa Indonesia

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi UI, tokopedia.com termasuk salah satu e-commerce yang menyumbang kontribusi tertinggi dalam perkembangan teknologi ekonomi digital di Indonesia. Keberadaan tokopedia.com mampu menjadi penyulut awal dari berbagai transaksi online yang sekarang bisa kita nikmati dengan mudahnya. 

Tokopedia juga menjadi satu dari sekian pionir yang ada di Indonesia di bidang marketplace. Bahkan sekarang tokopedia mencatatkan rekor berupa nilai penjualan tertinggi sepanjang tahun 2019 mencapai angka 222 triliun untuk seluruh produknya. Angka tersebut setara dengan 1,5 persen nilai perekonomian Indonesia. Dan jika melihat dari trend positif yang ada saat ini, maka bukan tidak mungkin jika pada tahun 2020 angka penjualan dari tokopedia.com juga akan terus meningkat.

 

Peran Brand Ambassador dalam Membesarkan Nama Tokopedia

Sejak awal kemunculannya, tokopedia.com juga terkenal dengan tingkat agresif yang tinggi dalam urusan iklan dan kerjasama brand ambassador. Sebagai marketplace yang baru muncul pun, tokopedia sudah termasuk sangat masif dalam beriklan. Kita bisa dengan mudah menemui iklan tokopedia baik itu di televisi maupun di internet media sosial. Bahkan salah satu brand ambassador di tahun 2014 kala itu melibatkan sosok Chelsea Islan yang akhirnya sangat melekat dengan tokopedia. Berlanjut ke tahun 2015 tokopedia.com juga menggandeng sosok yang tidak kalah fenomenal, yaitu Isyana Sarasvati. Hingga akhirnya sepanjang tahun 2019 sampai sekarang kita masih bisa melihat para personel boyband Korea BTS sebagai brand ambassador yang sangat menginfluence banyak masyarakat di Indonesia. Kehadiran brand ambassador dengan nama besar tentu saja memberi dukungan penuh terhadap tokopedia untuk melenggang menjadi yang teratas di benak masyarakat. Pengaruh kuat dari brand ambassador mampu menarik minat dari pengguna baru maupun mereka yang sudah setia sebelumnya. 

 

Tampilan Tokopedia.com yang Dinamis dan Segar

Jika berbicara tentang marketplace dengan tampilan terbaik, mungkin tokopedia.com adalah juaranya. Pasalnya hingga sekarang tokopedia masih menjadi salah satu marketplace dengan review pengguna terbaik soal desain UI dan UX. Untuk urusan desain UI atau user interface, pengguna akan melihat tampilan aplikasi marketplace yang sangat segar dengan penambahan animasi yang tidak terlalu berlebihan. Tokopedia juga menjadi satu-satunya aplikasi yang terbilang sangat ringan untuk dipuka. Tidak memakan memori terlalu banyak dan tidak menuntut pengguna untuk memiliki koneksi internet tercepat agar bisa membukanya dengan lancar. 

Desain tampilan yang baik juga mampu dihasilkan lewat warna dominan hijau dari tokopedia.com. Sesuai dengan logonya maka pemilihan warna hijau sangat mendominasi di aplikasi maupun website. Warna hijau secara psikis juga mampu membangun ketenangan sehingga pengguna bisa betah berlama-lama di aplikasi ini. Warna dominan hijau juga mampu menonjolkan brand tokopedia di berbagai tempat. Sehingga dari segi periklanan tokopedia tidak perlu terlalu muluk-muluk dalam beriklan, karena paduan warna dan logo dari marketplace yang satu ini sudah sangat mewakili jati diri brand itu sendiri.

Tim desain UX atau user experience tokopedia.com juga mampu menghadirkan navigasi yang simpel sehingga dapat diakses hanya dengan beberapa kali sentuhan. Segala fitur bisa anda temukan dan memberi pengalaman browsing yang sangat baik di aplikasi marketplace ini. Banyaknya fitur dan kategori yang terdapat dalam aplikasi juga tidak serta-merta ditampilkan pada satu halaman sehingga tidak membuat pengguna pusing saat melihatnya. Desain tokopedia secara utuh mampu membawa pengguna untuk lebih mudah menemukan barang-barang yang sedang dicarinya. Hal ini terbukti lewat produk rekomendasi yang selalu disesuaikan dengan hasil pencarian terakhir pengguna. 

 

Fitur Lengkap dari Tokopedia untuk Seluruh Pengguna

Jika kita bertanya, hal apa yang tidak ditemui di tokopedia.com, maka akan sangat sulit sekali untuk menjawabnya. Pasalnya tokopedia telah menjadi marketplace dengan fitur terlengkap yang ada di Indonesia. Segala kebutuhan bisa anda penuhi dengan mudah lewat tokopedia. Bahkan kini anda bisa memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga lewat program asuransi di tokopedia. Kemudahan dari berbagai fitur yang menarik juga menempatkan tokopedia sebagai salah satu marketplace dengan inovasi terbaik di Indonesia.

Tokopedia juga selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan pengguna secara praktis dengan metode pembayaran yang mudah. Mulai dari transfer rekening, virtual account, penggunaan dompet digital Ovo, hingga pembayaran langsung lewat merchant minimarket di dekat anda. Tokopedia juga menggandeng beberapa perusahaan fintech untuk dapat memfasilitasi pengguna yang ingin mengajukan kredit. Sebut saja seperti Kredivo, Home Credit Indonesia, dan berbagai akses kartu kredit yang tersedia.

Fitur cicilan yang tersedia di tokopedia ini tentu menjadi keunggulan yang sangat baik. Para pengguna dapat mengajukan kredit lewat metode pembayaran yang dipilih. Seluruh pengisian data juga bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu keluar rumah. Terlebih kolaborasi tokopedia dengan Ovo juga sangat memudahkan fitur kredit ini sehingga pengguna bisa mengatur uang muka sesukanya. Di sini pengguna dapat melakukan top-up Ovo terlebih dulu untuk menambah saldo dan kemudian membayar produk sebagian lewat Ovo untuk dikombinasikan dengan metode pembayaran lainnya.  

Beberapa fitur menarik lainnya yang juga disediakan tokopedia seperti fitur gratis ongkir hingga promo cashback jutaan rupiah adalah keunggulan yang sangat menarik untuk dinikmati. Jutaan pengguna menggunakan fitur ini dan menikmati promo yang tak terbatas. 

 

Tokopedia Membuat Harga 21% Lebih Murah

Ingin berbelanja dengan harga lebih murah? Ya, pastinya di tokopedia.com! Lewat tokopedia anda bisa menemukan barang incaran dengan harga 21% lebih murah. Hal ini yang tercatat dalam rekor penjualan tokopedia sepanjang tahun ini yang mana mampu menekan harga lebih murah dengan pilihan penjual yang lebih beragam. 

Aktifnya pasar online dari marketplace tokopedia juga turut menyumbang angka stabilisasi harga. Setidaknya persaingan yang sehat bisa kita temukan di tokopedia dengan keberagaman para penjualnya. Membuka toko online di tokopedia memang sangat mudah. Dengan sistem penjualan yang pasti terintegrasi dan peluang untuk dilihat oleh jutaan pengguna, maka tokopedia berhasil menjadi tolok ukur harga pasaran terbaik. Tidak ada lagi istilah belanja terlalu mahal atau perbandingan harga yang berbeda jauh karena di tokopedia anda bisa menemukan barang dengan jaminan harga termurah.

 

Layanan Penjualan Barang Same Day Service

Jika dulunya kita merasa enggan berbelanja online karena tidak mau menunggu waktu pengiriman barang yang bisa memakan waktu beberapa hari, maka hal semacam itu sekarang ini tidak berlaku lagi. Pasalnya tokopedia juga sudah memiliki layanan same day services yaitu layanan pesan langsung lewat kurir ojek online Grab maupun Gojek. Pelayanan ini mampu mengcover lebih dari 25% penjualan setiap harinya sehingga bisa diasumsikan jika lebih dari seperempat pengguna pada hari yang sama menggunakan layanan pesan antar langsung. 

Dengan demikian penerima barang bisa menikmati produk dengan lebih cepat dan pihak penjual juga bisa mendapatkan saldo hasil penjualan secara instan. Integrasi pelayanan ini benar-benar menghubungkan penjual dan pembeli dengan lebih cepat serta memberi keuntungan untuk berbagai pihak, termasuk pihak jasa pengantaran. Berkat layanan ini pula beberapa produk yang sebelumnya tidak bisa dijual secara online mulai memiliki peluangnya sendiri. Sebut saja produk-produk cairan yang tidak boleh melewati maskapai penerbangan untuk pengiriman domestik, maka bisa menggunakan layanan same day services.

 

Fitur Pengembalian Barang yang Pro Konsumen

Hal lainnya yang membuat beberapa konsumen ragu untuk berbelanja online adalah soal pengembalian barang apabila terjadi ketidakcocokan dengan gambar ataupun dengan pesanan. Namun kini tokopedia sudah memiliki kebijakan baru yang dinilai lebih pro konsumen untuk urusan pengembalian barang dan dana. Apabila ada barang yang tidak sesuai dengan pesanan, maka pihak konsumen bisa dengan mudah mengajukan refund dana atau penukarang barang. 

Semua akan terkoneksi langsung antara pelanggan dan pemilik toko. Pelanggan hanya perlu mengirim balik barang yang dipesan dan mencantumkan nomor resinya. Lalu pihak pemilik toko akan mengirimkan barang pengganti atau mengembalikan dana via aplikasi. Dengan demikian, permasalahan barang yang tidak sesuai pesanan bisa terselesaikan dengan mudah. Kemudahan ini dihadirkan oleh tokopedia.com untuk memaksimalkan angka kepercayaan pengguna terhadap layanan marketplace yang sepenuhnya bertanggungjawab atas seluruh transaksi. 

 

Kategori Produk Lengkap Memudahkan Pengguna

Tampilan kategori produk dari tokopedia.com juga terbilang sangat lengkap dan memenuhi segala lini kebutuhan penggunanya. Mulai dari Fashion, Otomotif, Gadget, Elektroni, hingga kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya. Kategori yang lengkap dari marketplace memang menjadi acuan utama dari berkembangnya startup itu sendiri. Dengan menyediakan pilihan kategori yang lengkap dan spesifik maka akan memudahkan pelanggan untuk dapat menemukan produk sesuai kebutuhan. 

Kolom pencarian dari tokopedia juga memiliki algoritma berdasarkan relevansi kebutuhan pengguna. Semua dapat disinergikan dengan sangat baik sehingga tujuan pengguna akan ditampilkan dengan lebih spesifik pada tiam kolom pencarian. Hal ini mendapatkan kemajuan yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan beberapa waktu lalu, saat relevansi pencarian tokopedia belum sebaik sekarang. Dulunya, jika anda mencari produk berupa smartphone, maka pilihan yang ditampilkan cenderung terlalu meluas dan beragam, seperti aksesoris dan sebagainya. Namun sekarang ini relevansi produk sudah difilter dengan sangat baik sehingga bisa lebih spesifik.

 

Fitur Unik Tukar Tambah Smartphone

Dalam beberapa waktu terakhir ini tokopedia.com sedang gencar mengkampanyekan fitur terbarunya, yaitu tukar tambah smartphone. Lewat aplikasi ini anda bisa membeli smartphone dengan fitur tukar tambah. Sehingga nantinya proses pemeriksaan unit smartphone anda akan dilakukan secara online melalui tahapan yang tersedia di aplikasi. Selanjutnya pihak kurir akan mengambil smartphone anda apabila harga beli sudah disetujui. Dengan demikian, harga smartphone incaran akan otomatis terpotong dengan nominal yang sesuai sehingga anda bisa membelinya dengan sistem tukar tambah online.

 

Official Store untuk Produk Terbaik yang Dijamin Asli

Tokopedia.com juga bekerjasama dengan beberapa brand produk yang kemudian mendapat badge official store untuk menandakan bahwa brand tersebut merupakan toko official yang resmi dan terpercaya. Badge official store memberi pilihan terbaik untuk para pengguna agar menemukan barang resmi dari penjual yang sudah terverifikasi. Dengan membeli lewat toko yang sudah mendapat badge official store, maka anda juga mendapat jaminan uang kembali apabila barang tidak sesuai. Masa garansi pengembalian barang juga menjadi lebih lama sehingga anda bisa memastikan keaslian barang dalam penggunaannya sehari-hari setelah sampai ditangan pembeli. 

 

Layanan 24 Jam untuk Memudahkan Pengguna

Tokopedia.com berkomitmen untuk mampu memberi pelayanan terbaik bagi seluruh penggunanya. Hal ini juga terbukti dari pelayanan 24 jam tokopedia yang selalu aktif untuk memberi solusi atas berbagai permasalahan. Anda bisa mengirimkan pesan, email, hingga menghubungi nomor call center yang aktif untuk berbagai keluhan dan pertanyaan. Pelayanan ini dihadirkan untuk seluruh pengguna, mulai dari pemilik toko hingga konsumen. 

Segala permasalahan dalam transaksi juga bisa diselesaikan dengan regulasi yang sudah dibangun secara rapi oleh tim marketplace ini. Mulai dari keluhan pelanggan soal pengiriman yang lama, keluhan soal barang yang tidak sampai, hingga masalah barang yang tidak sesuai dengan deskripsi. 

Nah, itulah beberapa fakta dan keunggulan dari tokopedia.com sebagai salah satu pionir marketplace di Indonesia yang kini sudah menjadi salah satu raksasa e-commerce. Untuk belanja yang mudah dan praktis, anda tidak perlu bingung lagi mencari kemana karena semuanya ada di tokopedia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *